Sukses

Via Vallen Akui Video Klipnya Sangat Mirip dengan Milik IU

Liputan6.com, Jakarta - Pada Jumat (23/10/2020) Via Vallen merilis video klip terbaru yang berjudul "Kasih Dengarkanlah Aku". Lagu ini dibawakan Via Vallen secara featuring dengan Dyrga Dadali.

Rupanya karya terbaru Via Vallen ini tak mendapat sambutan yang baik. Video klip "Kasih Dengarkanlah Aku" dinilai mirip dengan video klip milik artis Korea Selatan, IU yang berjudul "Above the Time".

Pemberitaan ini bahkan sudah dimuat di situs Allkpop, yaitu situs berbahasa Inggris yang khusus memberitakan selebritas Korea Selatan. Dugaan plagiarisme ini tak hanya menghebohkan warganet Indonesia, namun juga Korea Selatan.

"Sejak awal, berbagai aspek video musik telah ditiru dengan sangat erat. Alur ceritanya sangat mirip, dan bahkan alat peraga yang digunakan dalam film juga serupa," begitu narasi yang ditulis dalam situs Allkpop, Sabtu (24/10/2020).

2 dari 4 halaman

Akui Mirip

Memang jika dilihat, ada sejumlah adegan dalam video klip Via Vallen yang mirip dengan video klip milik IU yang rilis pada 11 bulan yang lalu.

Terkait hal ini, Via Vallen memberi pernyataan resmi melalui akun Instagram pribadinya. Ia meminta maaf kepada semua pihak yang dirugikan dalam persoalan ini.

"Untuk IU, fans IU dan terutama vyanisty, juga pihak yang merasa dirugikan aku minta maaf soal MV terbaru aku yang ternyata memang mirip banget sama MVnya IU," tulisnya, (Sabtu 24/10/2020).

3 dari 4 halaman

Tiada Unsur Kesengajaan

Via Vallen lalu mengatakan bahwa sama sekali tak ada unsur kesengajaan dalam hal ini mengingat ia juga tak banyak tahu tentang video klip artis-artis K-Pop.

"Karena aku bukan penggemar Kpop secara umum, jadi enggak banyak tahu soal MV Kpop. (Kebanyakan MV Kpop yang aku lihat cuma Blackpink doang)" ia menyambung pernyataan.

4 dari 4 halaman

Malu

Artis berusia 29 tahun ini lalu mengatakan bahwa pasti ia akan mencegah bila sejak awal tahu konsep video klipnya memiliki kemiripan dengan artis lain.

"Kalau dari awal aku tahu bahwa MV "Kasih Dengarkanlah Aku"ini plek ketiplek sama MV orang lain sudah pasti 100% bakalan mingta ganti konsep. Jujur aku MALU banget pas tahu," paparnya.