Sukses

Kasihan Han So Hee, Ibunda Ngutang Pakai Namanya Tanpa Dibayar

Han So Hee tak lagi kontak dari ibunda setelah orangtuanya bercerai. Sekalinya menerima kabar, justru soal utang yang tak dilunasi.

Liputan6.com, Seoul - Setahun belakangan, nama Han So Hee kian melambung lewat drama Korea The World of the Married. Wajahnya wira-wiri di pemotretan sejumlah majalah, hingga dikontrak menjadi brand ambassador sejumlah merek.

Namun bukan berarti perjalanan hidup Han So Hee kini jadi mulus. Belakangan terkuak masalah di kehidupan pribadi wanita 25 tahun tersebut.

Ibunda Han So Hee ternyata terlilit utang dalam jumlah besar, yang masih menunggak hingga kini. Diwartakan Soompi, Senin (20/7/2020), hal ini terungkap saat salah satu korban ibu Han So Hee membuka suara.

Sang korban menyatakan ibunda Han So Hee menjalankan semacam arisan yang disebut gye. Para anggotanya mengumpulkan uang per bulan, dan bergiliran menerima uang dalam jumlah besar. Korban ini mengaku harusnya ia mendapat bagiannya pada September 2016, tapi ibu Han So Hee mengaku tak punya uang.

"Dia bilang enggak punya uang. Semua sudah dia pakai sendiri. Aku bilang bakal menuntutnya, tapi yang lain menghentikanku," tutur sang korban.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Dicicil

Total yang seharusnya diterima adalah 40 juta won, atau sekitar Rp 490 juta, bila menggunakan kurs saat berita ini ditulis. Ibu Han So Hee mencicil pembayarannya per bulan.

"Dia bilang akan membayar lunas saat anak perempuannya terkena, jadi aku mencari anaknya di agensinya di Seoul," kata orang yang tak disebut identitasnya ini.

3 dari 6 halaman

Bikin Kesal

Namun saat utang ini belum lunas, ibu Han So Hee justru memutuskan kontak dengan sang korban.

"Aku mengontaknya lagi setelah seleb itu tampil di The World of the Married, tapi dia mengganti nomor kontaknya," tutur sang korban.

Gara-gara kejadian ini, sang korban mengaku sangat kesal ketika melihat wajah sang aktris di TV.

 

4 dari 6 halaman

Hidup dengan Nenek

Han So Hee akhirnya menjawab langsung kabar ini di blog pribadinya. Ia menyatakan bahwa sudah sejak lama tidak hidup dengan ibunya.

"Saat usia sekitar lima tahun, orangtuaku bercerai dan aku dibesarkan nenekku. Saat masuk SMA aku pindah ke Ulsan, tempat ibuku tinggal, tapi aku tetap hidup dengan nenekku," kata dia.

 

5 dari 6 halaman

Tak Komunikasi dengan Ibu

Han So Hee mengatakan ia tak lagi berkomunikasi dengan sang ibu. Tapi sejak usia 20-an, ia mulai mendengar bahwa ibunya terlilit utang di sana-sini.

Demi memandang neneknya dan juga posisinya sebagai anak, ia akhirnya berusaha keras melunasi utang sang ibu. Bahkan sebelum ia debut.

Namun air susu dibalas dengan air tuba. Sang ibu justru meminjam nama Han So Hee untuk berutang tanpa bilang-bilang.

 

6 dari 6 halaman

Koban Makin Banyak

"Aku kemudian tahu bahwa ia memasukkan namaku dalam dokumen utang tanpa sepengetahuanku dan aku terlibat dalam utang yang sangat besar sampai tak bisa kutangani," tuturnya.

Han So Hee mengaku saat itu masih sangat muda, sehingga ia mengira jalan terbaik adalah melunasi utang ibunya. "Namun, kurasa ini malah membuat banyak korban baru, jadi aku meminta maaf," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.