Sukses

IBOMA 2020 di SCTV Sajikan Hal-Hal Baru, Apa Saja?

Ada 10 film yang masuk Indonesian Box Office Movie Awards atau IBOMA 2020 yang digelar SCTV.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk kelima kalinya, SCTV kembali menggelar Indonesian Box Office Movie Awards atau IBOMA 2020. Ajang penghargaan bergengsi bagi insan perfilman Tanah Air ini akan menganugerahkan penghargaan untuk 10 film terlaris yang mampu mendatangkan penonton ke bioskop sepanjang 2019 lebih dari 1 juta. Dan dipilih top 10.

Sepuluh judul film yang ada di IBOMA 2020 ini di antaranya adalah Dilan 1991, Imperfect: Karir, Cinta & Timbangan, Dua Garis Biru, Danur 3: Sunyaruri, Habibie & Ainun 3, My Stupid Boss 2, Perempuan Tanah Jahanam, Kuntilanak 2, Keluarga Cemara dan Gundala: Negeri Ini Butuh Patriot.

Tahun ini, akan ada hal-hal baru di IBOMA 2020 yang berbeda dari event sebelumnya. Apa saja itu?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

3 Hal Berbeda

Di antaranya adalah dengan menggandeng beberapa asosiasi yang berkaitan dengan perfilman di Indonesia, seperti APROFI, PPFI, dan APFI.

"Mungkin bagi temen-temen yang udah pernah nonton Iboma di tahun sebelumnya, ini adalah tahun ke-5. Kita selalu berupaya melakukan sesuatu yang baru yang lebih baik. Tahun ini ada tiga hal yang berbeda," kata David Suwarto, Deputy Director Programming SCTV, di SCTV Tower, Jakarta, Kamis (5/3/2020).

 

3 dari 7 halaman

Memberi Masukan

"Pertama, kita menggandeng tiga asosiasi film yang merepresentasikan hampir semua film di Indonesia. Di sana kami menerima banyak masukan. Ada yang sedang kami rencanakan di tahun ini atau di tahun-tahun berikutnya," sambungnya.

 

4 dari 7 halaman

Gelar Roadshow

Selain itu, IBOMA 2020 juga menggelar roadshow bertajuk "Road To Indonesian Box Office Movie Awards 2020" dengan mendatangi kampus-kampus yang relevan dengan dunia perfilman. Kunjungan tersebut guna melakukan penjurian terbuka dan memberikan "master class" kepada mahasiswa.

"Kedua, kita melakukan penjurian terbuka di universitas-universitas yang relevan dengan film. IKJ, UI, Untar, ISI," papar David Suwarto lagi.

 

5 dari 7 halaman

Masyarakat Ikut Memilih

Satu lagi pembeda dari IBOMA tahun sebelumnya adalah dari segi kategori penghargaan. Kali ini, masyarakat luas juga bisa ikut andil menjadi juri untuk dua kategori baru yaitu Aktor Terpopuler dan Aktris Terpopuler.

"Terakhir, kita melihat dari tahun sebelumnya ada animo yang begitu besar dari netizen. Dari situ membuka kesempatan kita membuka kategori baru. Aktor dan aktris terpopuler akan dipilih oleh netizen, siapapun bisa memilih," jelasnya.

 

6 dari 7 halaman

10 Dewan Juri

Tokoh dan sineas film Indonesia yang sudah teruji kontribusi serta reputasinya pun didapuk menjadi dewan juri yang menilai ke-10 film tersebut. Mereka antara lain Sheila Timothy (Produser), Ifa Isfansyah (Sutradara & Produser), Maudy Koesnaedy (Aktris), Andhy Pulung (Editor), Vino G Bastian (Aktor), Benni Setiawan (Sutradara) dan Darius Sinathrya (Aktor & Produser).

 

7 dari 7 halaman

20 Maret 2020

Malam Penganugerahan IBOMA 2020 sendiri nantinya akan ditayangkan pada hari Jumat, 20 Maret 2020 pukul 21.00 WIB, LIVE dari Studio 5 Emtek City, Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini