Sukses

Uniknya Raline Shah Belajar Memperbaiki Diri

Kebiasaan Raline Shah menulis buku harian.

Liputan6.com, Jakarta - Di masa kini, sepertinya tak banyak orang yang suka menulis buku harian atau diary. Namun lain halnya dengan aktris berbakat Tanah Air, Raline Shah. Setiap hari, ia masih menyempatkan diri menulis diary.

Kebiasaannya ini dimulai sejak satu tahun yang lalu. Kala itu, teman Raline Shah yang berasal dari Amerika mengajarinya untuk membuat "5 Minutes Journal".

"Yaitu tiap hari ada quote-nya di atas, setiap minggu ada challenge-nya, kayak tantangan yang harus kita lakukan," ujar Raline Shah saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (21/5/2018).

Raline Shah pun menguraikan hal apa saja yang harus dia tulis setiap hari. "Pastinya di depannya, di paginya, kita harus menuliskan tiga hal yang kita syukuri, tiga hal yang ingin kita lakukan hari itu," imbuhnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apa yang Ditulis?

"Dan malamnya, apa yang bisa kita perbaiki dari hari itu sendiri, dan apa yang membuat hari itu amazing atau spesial. Jadi setiap hari dengan menulis itu, memang cuma lima Menit," Raline Shah menyambung pernyataan.

Seiring dengan bergantinya waktu, Raline Shah mulai merasakan manfaat dari menulis diary tersebut. Ia bisa belajar untuk lebih mensyukuri hidup dan berusaha untuk terus memperbaiki diri. Melakukan sesuatu yang lebih baik dari hari sebelumnya.

3 dari 3 halaman

Bersyukur dan Memperbaiki Diri

"Aku sudah melakukan ini enam bulan, dan syukur alhamdulillah kalau kita menulis atau mengingat apa yang kita lakukan sebelumnya, sebaiknya setiap hari kita memperbaiki itu dengan sendirinya," paparnya.

"Mulai dari disiplin, atau kita kurang banyak menghabiskan waktu dengan orang tua, atau membantu teman kita. Misal hari ini aku sebenarnya bisa bantu si itu naik gojek, atau aku bisa minjemin supir, tapi kenapa enggak ya, itu kan penyesalan hari ini, besok kita jangan kayak gitu lagi," tandas Raline Shah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini