Sukses

CEO Tesla Elon Musk Khawatir Suku Bunga Tinggi Bikin Masyarakat Sulit Beli Mobil

CEO Tesla Elon Musk menekankan fokus membuat mobil Tesla lebih terjangkau di tengah kondisi suku bunga yang tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - CEO Tesla Elon Musk mengingatkan kalau CyberTruck belum akan memberikan arus kas positif yang signifikan selama 12-18 bulan setelah produksi dimulai.

Elon Musk juga menekankan Tesla fokus membuat mobilnya lebih terjangkau di tengah kondisi suku bunga yang tinggi. Pernyataan Elon Musk itu membuat saham Tesla tenggelam 4 persen usai perdagangan. Padahal saham Tesla sempat menguat usai perpanjangan perdangan. Demikian dikutip dari CNBC, Jumat (20/10/2023).

Berdasarkan survei analis oleh LSEG, berikut kinerja keuangan Tesla dibandingkan dengan perkiraan wall street:

Laba: 66 sen per saham yang disesuaikan vs 73 sen per saham dari yang diharapkan.

Pendapatan: USD 23,35 miliar vs USD 24,1 miliar (perkiraan)

Ini pertama kalinya Tesla mencatat laba dan pendapatan yang dilewatkan pada kuartal II 2019.

Eksekutif Tesla mengatakan sedang meletakkan dasar memulai konstruksi pada pabrik baru yang direncanakan di Meksiko. Namun, Elon Musk menuturkan, sebelum Tesla bekerja untuk pabrik di Meksiko, perseroan berupaya menurunkan harga mobilnya.

Dia khawatir dengan tingginya tingkat suku bunga yang dialami saat ini. Ia menuturkan, kalau fokus orang membeli mobil pada jumlah pembayaran bulanan mereka. "Jika suku bunga tetap tinggi atau bahkan lebih tinggi lagi akan lebih sulit bagi masyarakat untuk membeli mobil,” ujar dia.

Ia menilai, pihaknya tidak bisa cukup menekankan betapa pentingnya biaya. "Kami harus membuat produk kami lebih terjangkau sehingga masyarakat membelinya,” ujar dia.

Elon Musk menuturkan, menurunkan harga mobil Tesla mirip dengan “Game of Thrones” tetapi hanya uang receh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peringatan Elon Musk Terkait Cybertruck

Tesla mengumumkan di platform X yang dulu bernama Twitter kalau produksi Cybertruck tetap sesuai rencana akhir tahun ini. Pengiriman pertama dijadwalkan pada 30 November di Giga Texas.

Secara terpisah, akun Cybertruck di X menyebutkan akan ada “acara pengiriman” pada tanggal tersebut. Pemegang saham menuturkan, Cybertruck sedang dalam produksi percontohan dengan pabrik di Texas yang mampu hasilkan 125.000 per tahun.

Terkait laporan laba, Elon Musk melunakkan harapan panduan keuangan terhadap kendaraan itu. Ia menuturkan, butuh kerja keras untuk mencapai volume produksi dan menghasilkan arus kas positif dengan harga terjangkau oleh masyarakat dengan Cybertruck.

“Saya hanya ingin kurangi ekspektasi terhadap Cybertruck. Ini adalah produk yang hebat, tetapi secara finansial, dibutuhkan waktu satu tahun hingga 18 bulan sebelum produk ini dapat memberikan kontribusi arus kas positif yang signifikan,” ujar dia.

3 dari 4 halaman

Kinerja Tesla

Perusahaan masih belum mengumumkan spesifikasi atau harga pasti untuk Cybertruck. Elon Musk juga mencatat pemegang saham ingin Tesla beriklan, dan Tesla sedang beriklan.

“Namun, jika iklan Tesla memberikan informasi kepada orang-orang tentang mobil-mobil hebat yang tidak mampu mereka beli, hal itu tidak terlalu membantu,” tutur Elon Musk.

Tesla melaporkan pendapatan otomotif sebesar USD 19,63 miliar dan pendapatan dari bisnis pembangkit dan penyimpanan energi USD 1,56 miliar. Pendapatan otomotif dari porsi kredit tumbuh pada kuartal III 2023 hingga mencapai USD 554 juta, naik dari USD 282 juta pada kuartal sebelumnya dan USD 286 juta pada kuartal III 2022.

Selama periode sama tahun lalu, Tesla melaporkan EPS yang disesuaikan sebesar USD 1,05 dan pendapatan USD 21,45 miliar.

Laba bersih (tidak disesuaikan) pada kuartal ini USD 1,85 miliar atau 53 sen per saham. Laba kotor turun 22 persen dari tahun ke tahun. Total margin usaha mencapai 7,6 persen, turun signifikan dari angka kuartal tahun lalu 17,2 persen.

Tesla juga menyebutkan harga pokok penjualan per kendaraan turun menjadi USD 37.500 pada kuartal III. Meski biaya produksi di pabrik baru tetap lebih tinggi dibandingkan pabrik lama, pihaknya telah menerapkan peningkatan yang diperlukan pada kuartal III 2023 untuk memungkinkan pengurangan unit biaya lebih lanjut.

Biaya penelitian dan pengembangan mencapai USD 1,16 miliar, naik dari kuartal tahun lalu USD 733 juta. Tesla mencatat telah meningkatkan lebih dari dua kali lipat ukuran komputasi pelatihan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) untuk akomodasi kumpulan data yang terus berkembang dan proyek robot optimus.

4 dari 4 halaman

Kekhawatiran Elon Musk terhadap Ekonomi Dunia

Sementara itu, di bisnis energi, Tesla telah mengerahkan 3.653 MWh dalam penyimpanan energi selama kuartal tersebut yang menunjukkan peningkatan 90 persen dibandingkan periode sama tahun lalu. Namun, instalasi tenaga surya turun 48 persen dari tahun ke tahun menjadi 49 MW.

Direktur Keuangan Tesla yang baru Vaibhav Taneja menekankan kalau Tesla akan tetap upayakan penurunan biaya tambahan pada 2024 baik teknik dan operasional.

Jelang akhir panggilan telepon, Elon Musk meminta maaf karena terdengar “paranoid” mengenai perekonomian. Ia menilai ekonomi mungkin terguncang oleh perang yang sedang berlangsung di seluruh dunia mengacu pada konflik yang sedang berlangsung antara Israel dan Hamas serta Rusia dan Ukraina.

Ia menyamakan Tesla dengan kapal kelas dunia. “Bahkan kapal besar di tengah badai pun memiliki tantangan,” kata dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini