Sukses

IHSG Terkoreksi Imbas Varian Omicron dan The Fed, Sektor Saham Ini Dapat Dilirik

Analis Panin Sekuritas William Hartanto menilai, investor dapat memilih saham kapitalisasi besar saat IHSG dekati level support.

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan kasus COVID-19 di dalam negeri hingga kepastian kebijakan The Federal Reserve (the Fed) berdampak pada pasar modal tanah air.

Analis Panin Sekuritas William Hartanto menjelaskan sentimen tersebut membuat pelaku pasar memilih bermain aman dengan melepas sebagian saham-nya.

"Namun dari sisi teknikal, IHSG masih dalam batas aman karena pergerakannya masih sama dalam range 6.530 - 6.754. Dengan bertahannya support 6530, maka strategi buy on weakness bisa dilakukan,” kata dia kepada Liputan6.com, Selasa (25/1/2022).

William menambahkan, investor masih bisa membeli saham-saham berkapitalisasi besar (big capitalization/ big cap) yang juga penggerak indeks pada saat IHSG mendekati level support tersebut. Hal itu lantaran di saat bersamaan, saham-saham big cap tersebut juga berada di posisi support.

"Dengan strategi ini maka saham-saham pilihan akan jatuh pada mereka yang menjadi penggerak indeks seperti BBCA, BBRI, BMRI ASII dan TLKM," ungkap William.

Untuk sektor khusus, William menyebutkan sektor pertambangan (mining) masih menjadi pilihan. Di antaranya seperti PTBA, ITMG, UNTR, MEDC, AALI, SMMT, CSRA dan DSNG.

Dia menuturkan, sektor saham menarik karena prospeknya mengikuti harga komoditas yang masih uptrend (minyak, batu bara, CPO).

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penutupan IHSG Sesi Pertama 25 Januari 2022

Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) makin turun tajam pada sesi pertama perdagangan Selasa, 25 Januari 2022. IHSG melemah 1,47 persen ke posisi 6.557,30. Indeks LQ45 turun 1,26 persen ke posisi 937,48.

Seluruh indeks acuan kompak tertekan. Pada sesi pertama, IHSG berada di level tertinggi 6.632,95 dan terendah 6.538,95.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • The Fed adalah salah satu bank sentral di AS yang tertua dan berdiri sejak tahun 1913 melalui kongres.

    The Fed

  • IHSG

  • Sektor Saham