Sukses

TBS Energi Utama Bikin Usaha Patungan Perakitan Sepeda Motor Listrik

PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA) bersama PT Rekan Anak Bangsa membuat perusahaan patungan di perakitan sepeda motor.

Liputan6.com, Jakarta - PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA)  melalui anak usahanya PT Karya Baru Tbs (dahulu PT Batu Hitam Perkasa) bersama PT Rekan Anak Bangsa mendirikan perusahaan patungan bernama PT Energi Kreasi Bersama pada 9 Desember 2021.

Direktur Utama PT TBS Energi Utama Tbk, Dicky Yordan mengatakan, pendirian anak usaha ini bergerak dalam bidang perakitan sepeda motor, perdagangan sepeda motor, reparasi, dan perawatan sepeda motor. Selain itu, pembiayaan pembelian sepeda motor, perakitan baterai untuk kendaraan bermotor, dan penyedia stasiun penukaran baterai kendaraan listrik umum.

“Keikutsertaan emiten dalam pendirian PT Energi Kreasi Bersama merupakan salah satu strategi pengembangan bisnis emiten untuk menghilangkan jejak karbon serta mencapai target net zero emission pada 2030,” kata dia dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), ditulis Sabtu (11/12/2021).

Ia mengatakan, direksi, dewan komisaris dan pemegang saham utama emiten dan Karya Baru TBS tidak memiliki hubungan afiliasi dengan PT Rekan Anak Bangsa.

Adapun masing-masing pihak dalam akta pendirian PT Energi Kreasi Bersama mendapatkan saham dalam PT Energi Kreasi Bersama dengan cara mengambil bagian dan melakukan setoran modal ke dalam PT Energi Kreasi Bersama.

Modal dasar, modal ditempatkan dan modal disetor PT Energi Kreasi Bersama senilai Rp 71,75 miliar.

“Setoran modal yang dilakukan perseroan melalui Karya Baru TBS Energi Utama dalam pendirian PT Energi Kreasi Bersama menggunakan sumber dana internal emiten,” ujar dia.

Dicky mengatakan, penandatanganan akta pendirian perseroan terbatas Energi Kreasi Bersama ini tidak mempengaruhi kegiatan operasional yang saat ini berjalan.

"Secara jangka panjang akan memberikan tambahan pendapatan serta memperkuat kondisi keuangan emiten,” kata dia.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gerak Saham TOBA

Pada penutupan perdagangan Jumat, 10 Desember 2021, saham TOBA naik 0,84 persen ke posisi Rp 1.195 per saham. Saham TOBA dibuka naik 15 poin ke posisi Rp 1.200 per saham.

Saham TOBA berada di level tertinggi Rp 1.205 dan terendah Rp 1.110 per saham. Total frekuensi perdagangan 2.326 kali dengan volume perdagangan 155.451. Nilai transaksi Rp 18,3 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.