Sukses

Alasan Trinity Healthcare Akuisisi Saham Zebra Nusantara

Liputan6.com, Jakarta - Direksi PT Zebra Nusantara Tbk sekaligus Direktur PT Trinity Healthcare (THC) Rudy Tanoesoedibjo menyampaikan alasan PT Trinity Healthcare (THC) akuisisi saham PT Zebra Nusantara Tbk (ZBRA).

Akuisisi saham PT Zebra Nusantara Tbk merupakan strategi perseroan mengingat operasional yang sudah tidak aktif dan saham tidur.

"Dari kacamata kami secara operasional Zebra sudah tidak aktif, sahamnya tidur dan saya bisa akuisisi sampai 77 persen. Menurut pemikiran yang logis dari segi pengusaha, kenapa tidak,” ujar dia dalam paparan publik insidentil, Selasa, 13 April 2021.

Setelah akuisisi saham ZBRA, Rudy menegaskan, pihaknya tidak akan melanjutkan bisnis taksi dan distribusi bahan bakar gas. Perseoran akan menjalankan bisnis PT Dos Ni Roha (DNR) sebagai perusahaan yang menerapkan integrated end-to-end supply chain solution.

"Zebra Nusantara ke depan adalah DNR. Kami bukan saja perusahaan distribusi. Distribusi salah satu supply chain kami. Solusi supply chain terintegrasi, kebutuhan seseorang kami layani," tutur dia.

Rudy menuturkan, akuisisi yang dilakukan juga bukan kecelakaan. Ia menuturkan, harga jual DNR kepada Zebra Nusantara Rp 1,8 triliun.

"Praktis hanya jual 99 persen hanya satu kali book value. Kok murah? Saya punya 80 persen, saya nikmati banyak kalau sahamnya tumbuh. Akuisisi ini murah bukan kecelakaan,” ia menambahkan.

Ia menambahkan, investor juga akan menikmati jika harga saham tumbuh. “Kalau harga naik, investor akan nikmati, saya juga nikmati. Sharing is beautiful,” tutur dia.

2 dari 3 halaman

Trinity Healthcare Akuisisi Saham ZBRA

PT Trinity Healthcare akuisisi saham ZBRA dengan membeli 51 persen saham ZBRA pada 9 Maret 2021. Kemudian perseroan menambah pembelian dari pihak PT Infiniti Wahana (IW) selaku pemegang saham dalam PT Zebra Nusantara Tbk (ZBRA) sebesar 26,7 persen untuk saham seri A dan juga seri B. 

Dengan begitu, THC secara sah telah menggantikan PT Infiniti Wahana sebagai pemegang saham pengendali ZBRA dengan total kepemilikan saham sebesar 77,7 persen.

“Penambahan pembelian saham ini dilakukan atas dasar keyakinan dari THC sendiri di dalam potensi usaha yang dimiliki oleh ZBRA di mana dapat menjadi hal yang positif bagi para investor kedepannya” ujar pihak Manajemen Trinity Healthcare dalam keterangannya, Kamis, 1 April 2021.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini