Sukses

Perhatikan, Jumlah Modal Disetor Bursa Efek Naik Jadi Rp 100 Miliar

Deputi Komisioner Pengawas Pasar Modal I OJK, Djustini Septiana menegaskan, POJK yang dikeluarkan merupakan pengganti Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 45 Tahun 1995.

Liputan6.com, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengakomodasi perkembangan industri sektor jasa keuangan secara global. Salah satunya dengan mengeluarkan aturan baru Nomor 3/POJK.04/2021 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Bidang Pasar Modal. OJK menyebut, hal ini akan menjadi pengawasan di sektor pasar modal.

Dalam pemaparannya, Deputi Komisioner Pengawas Pasar Modal I OJK, Djustini Septiana menegaskan, POJK yang dikeluarkan merupakan pengganti Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 45 Tahun 1995.

Peraturan ini menjadi sangat penting karena tertera di Undang-Undang Nomor 21 tahun 2011 tentang OJK beralih dari badan pengawas pasar modal dan lembaga keuangan ke OJK.

"POJK ini juga mengakomodir hal-hal baru dan perkembangan industri sektor jasa keuangan secara global," ujar dia, Selasa (9/3/2021).

Salah satu yang menjadi perhatian, POJK baru juga memberikan aturan terkait jumlah modal yang disetor bagi bursa efek, Lembaga Kliring dan Penjaminan (LKP), dan Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian (LPP).

Jumlah modal disetor untuk bursa efek paling sedikit mencapai Rp100 miliar. Angka tersebut tentu jauh lebih besar dibandingkan aturan PP 45/1995 sebesar Rp7,5 miliar.

Sedangkan untuk LKP dan LPP, jumlah modal disetor paling sedikit ialah Rp200 miliar. Meningkat tajam, aturan lama hanya menyebutkan angka Rp15 miliar.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perubahan Masa Jabatan Anggota Direksi SRO

Dalam POJK, terdapat juga perubahan masa jabatan anggota direksi dan komisaris SRO. Bila sebelumnya masa jabatan hanya 3 tahun, kini diperpanjang menjadi 4 tahun dan dapat diangkat kembali.

"Bila aturan PP 45/1995 3 tahun, diperpanjang menjadi 4 tahun dan dapat diangkat kembali," ujar Djustini.

Aturan baru POJK juga menyebut kapitalisasi saldo laba ditahan menjadi modal disetor bursa efek. Dalam BAB II pasal 13 tertera bursa efek dapat melakukan kapitalisasi saldo laba ditahan menjadi modal disetor setelah memperoleh persetujuan pemegang saham bursa efek dan OJK.

"Hal ini dilakukan dengan peningkatan nilai nominal saham bursa efek," tuturnya.

Kapitalisasi saldo laba ditahan menjadi modal disetor LKP dan LPP juga menjadi bagian hal baru dalam POJK ini. Tertera dalam BAB III pasal 24, LKP dan LPP dapat melakukan kapitalisasi saldo laba ditahan menjadi modal disetor setelah terlebih dahulu memperoleh persetujuan pemegang saham dan OJK. "Menjadi pasal baru yang kita tambahkan di POJK Nomor 3 Tahun 2021," kata dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • Otoritas Jasa Keuangan atau OJK adalah lembaga yang berfungsi untuk mengatur dan mengawasi seluruh kegiatan di sektor keuangan.

    OJK

  • Pasar modal adalah seluruh kegiatan yang mempertemukan penawaran dan permintaan dana jangka panjang.

    pasar modal

  • Bursa Efek