Sukses

Cegah Asam Urat, Susu Kambing Etawa Hadir dengan Kandungan Rempah Herbal

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan tanaman herbal yang tersedia di sekitar kita.

Liputan6.com, Jakarta - Penyakit asam urat yang tinggi sering kali menjadi keluhan bagi masyarakat, terutama mereka yang berusia di atas 40 tahun. Namun, pola makan dan gaya hidup yang tidak tepat dapat menyebabkan asam urat tinggi berpotensi terjadi pada usia yang lebih muda.

Menurut dokter spesialis gizi klinik, Dr. Maretha, asam urat tinggi atau gout artritis disebabkan oleh tingginya kadar purin dalam darah. "Gout artritis terjadi karena tingginya kadar purin dalam darah, yang memicu pembentukan kristal di persendian," katanya.

Untuk mengatasi masalah ini, penderita asam urat harus membatasi asupan purin menjadi 100-150 mg per hari. Beberapa makanan yang tinggi purin, seperti hati, babat, usus, dan ampela, sebaiknya dihindari.

Adapun gejala umum yang dirasakan oleh penderita asam urat tinggi meliputi nyeri, bengkak, dan kemerahan di area sendi. "Biasanya, penderita asam urat tinggi akan merasakan nyeri, bengkak, dan kemerahan pada sendi," ungkap Dr. Maretha.

Untuk mencegah asam urat tinggi, penting untuk menjaga pola hidup sehat. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan tanaman herbal yang tersedia di sekitar kita.

Berdasarkan informasi dari Situs Direktorat Jenderal Kemenkes, tanaman seperti Jahe (Zingiberis Officinale Rhizoma), Temulawak (Curcuma xanthorrhiza Rhizoma), Daun Kelor (Moringa Oleifera Folium), Serai (Cymbopogon Flexuosus Folium), Kumis Kucing (Orthosiphon Aristatus Herba) dan Kulit Kayu Manis (Cinnamomum Burmannii Cortex) mengandung senyawa alami yang bermanfaat untuk meredakan asam urat tinggi dan menjaga kesehatan tulang.

Dr. Maretha menyarankan untuk mengkonsumsi rempah-rempah tersebut karena kandungan nutrisinya memiliki manfaat antiinflamasi dan antioksidan. "Disarankan untuk mengkonsumsi rempah seperti jahe dan sereh karena kandungan antiinflamasi dan antioksidan di dalamnya dapat mengurangi peradangan sendi akibat asam urat," katanya.

Adapun tanaman herbal dan rempah-rempah yang lengkap untuk mengatasi asam urat tersebut telah disertakan dalam produk Etacefit. Diketahui bahwa Etacefit, sebuah susu kambing kombinasi herbal, menawarkan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan sendi dan tulang.

Dengan menggabungkan susu kambing etawa dengan ekstrak jahe, temulawak, kelor, serai, kumis kucing, dan kulit kayu manis, Etacefit memberikan solusi alami bagi masalah tulang dan sendi, terutama pada lansia yang mungkin menghadapi asam urat tinggi.

Salah satu keunggulan Etacefit adalah tidak menimbulkan ketergantungan seperti halnya obat-obatan konvensional. Selain itu, rasanya yang nikmat dengan sentuhan rempah memberikan sensasi hangat di tenggorokan dan tubuh, sementara juga aman untuk pencernaan sehingga cocok untuk lansia yang membutuhkan solusi alami untuk masalah tulang dan sendi utamanya asam urat tinggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Asam urat atau dalam bahasa medis dikenal dengan sebutan gout adalah suatu kondisi medis dimana terjadi gangguan metabolisme Asam Urat.

    Asam Urat

  • herbal