Sukses

Sinopsis Film 'Official Secret', Kisah Nyata yang Menguak Rahasia Besar Negara

Official Secret merupakan film yang diadaptasi dari kisah nyata yang menguak rahasia besar negara. Film ini dijadwalkan tayang pada Kamis (16/5/2024) malam.

Liputan6.com, Bandung - Official Secret merupakan film tahun 2019 yang dijadwalkan tayang pada Kamis (16/5/2024) pukul 23.00 WIB di salah satu stasiun televisi swasta. Film ini mengangkat genre biografi, kriminal, dan drama yang menegangkan.

Filmnya digarap oleh sutradara Gavin Hood yang dikenal sebagai sutradara film Eye in the Sky (2015), Ender’s Game (2013), dan X-Men Origins: Wolverine (2009). Sementara, naskah filmnya ditulis oleh Sara Bernstein, Gregory Bernstein, dan sang sutradara.

Mempunyai durasi tayang sekitar 1 jam 52 menit film ini hanya bisa disaksikan oleh penonton berusia 18 tahun ke atas. Diketahui kisahnya diadaptasi dari kisah nyata yang terjadi oleh pelapor Katharine Gun.

Premis ceritanya berfokus pada seorang pelapor asal Inggris yang membocorkan informasi kepada pers tentang operasi mata-mata ilegal NSA yang dirancang untuk mendorong Dewan Keamanan PBB agar menyetujui invasi Irak tahun 2003.

Melansir dari situs Rotten Tomatoes, film ini meraih skor yang cukup tinggi sekitar 82% dari total 167 pengulas. Salah satu penonton menilai filmnya sangat fenomenal dan dikemas dengan baik dengan aktor yang luar biasa.

Kemudian film ini berhasil menampilkan kisah yang luar biasa terutama kisah nyata yang penting dan mudah dimengerti sebagai film biografi drama. Penonton lain juga menilai film ini tidak mudah dilupakan dan membuat sadar akan bahayanya kekuasaan tak terkendali.

Sementara dalam situs IMDb, film Official Secret meraih rating 7.3 dari total 55 ribu pengguna.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sinopsis Film Official Secret

Menceritakan tentang Katharine Gun (Keira Knightley) seorang ahli bahasa dan analis yang pintar. Katharine direkrut untuk bekerja di Government Communications Headquarters (GCHQ) dan suatu hari tidak sengaja menemukan memo berisi informasi rahasia.

Memo tersebut berisi tentang detail misi penyadapan yang akan dilakukan Britania raya bersama Amerika Serikat terhadap sejumlah anggota PBB. Misinya dilakukan untuk mencari tahu rahasia yang disimpan negara-negara yang belum mendukung invasi AS ke Irak.

Katharine kemudian merasa tidak bisa tinggal diam dan mulai membocorkan memo GCHQ pada aktivis anti perang Yvonne Ridley. Kemudian sang aktivis memberikan memo tersebut kepada jurnalis Martin Bright.

Sejak itu mulai ada investigasi besar-besaran dan membuat Martin menghubungi koresponden The Observer di Washington DC, Ed Vulliamy. Martin meminta bantuannya untuk mewawancarai sang pembuat memo.

Setelah investigasi dua bulan kemudian berita tulisan Martin terkait memo rahasia berhasil diterbitkan koran The Observer. Situasi kemudian makin runyam ketika GCHQ melakukan penyelidikan internal terkait kebocoran informasi tersebut.

Alhasil, bisakah Katharine berlindung dari penyelidikan internal tersebut terutama jerat hukum yang menghantuinya?

3 dari 4 halaman

Daftar Pemain Film Official Secret

Mengutip dari situs IMDb berikut ini daftar pemain film Official Secret:

1. Keira Knightley sebagai Katharine Gun.

2. Matt Smith sebagai Martin Bright.

3. Matthew Goode sebagai Peter Beaumont.

4. Rhys Ifans sebagai Ed Vulliamy.

5. Adam Bakri sebagai Yasar Gun.

6. Ralph Fiennes sebagai Ben Emmerson.

7. Conleth Hill sebagai Roger Alton.

8. Indira Varma sebagai Shami Chakrabarati.

9. Jeremy Northam sebagai Ken Macdonald.

10. John Heffernan sebagai James Welch.

11. Monica Dolan sebagai Fiona Bygate.

12. Niccy Lin sebagai Mi Yung.

13. Jack Farthing sebagai Andy Dumfries.

14. Gabrielle Downey sebagai Mrs. Archer.

15. Fiona Skinner sebagai Petugas polisi.

16. MyAnna Buring sebagai Jasmine.

17. Lindy Whiteford sebagai Edie Rielly.

4 dari 4 halaman

Fakta Menarik Film Official Secret

Berdasarkan informasi dari beberapa sumber berikut ini fakta menarik film Official Secret:

1. Adaptasi dari kisah nyata

Film Official Secret merupakan film yang diadaptasi dari kisah nyata kasus pelapor Katharine Gun yang mengungkap operasi mata-mata ilegal oleh Badan Intelijen Amerika dan Inggris untuk mengukur sentimen dan berpotensi memeras diplomat PBB terkait invasi Irak tahun 2003.

2. Awalnya sutradara dan aktor utamanya berbeda

Pertama kali adanya pengumuman film Official Secret nama sutradara dan aktor utamanya berbeda dengan yang menggarap film tersebut. Saat itu, diketahui sutradaranya adalah Justin Chadwick sementera karakter utamanya harusnya diperankan oleh Natalie Dormer.

3. Tayang perdana di Sundance Film

Film Official Secret sebelumnya tayang perdana di Sundance Film Festival pada 2 Januari 2019 sebelum akhirnya tayang perdana di bioskop pada Agustus 2019. Diketahui filmnya meraih keuntungan sebesar $10.1 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.