Sukses

Jangan Bandel, Makanan Berikut Wajib Dihindari Penderita Asam Urat

Asam urat adalah kondisi medis yang terkait dengan penumpukan kristal asam urat dalam tubuh, terutama di persendian.

Liputan6.com, Jakarta - Asam urat atau gout merupakan peradangan sendi yang disebabkan tingginya kadar asam urat di dalam darah. Karena berkaitan dengan darah, konsumsi makanan sangat berkaitan dengan penyakit ini.

Hal ini dapat menyebabkan peradangan yang menyakitkan dan mengganggu mobilitas sendi. Oleh sebab itu, ada beberapa pantangan asam urat yang perlu dihindari oleh penderitanya.

Dilansir dari Siloam Hospitals, salah satu minuman pantangan penderita asam urat adalah minuman tinggi gula. Pasalnya, fruktosa yang terdapat pada minuman tinggi gula dapat memperburuk rasa sakit dari asam urat.

Kemudian ada makanan pantangan asam urat yang juga perlu dihindari sebisa mungkin oleh penderitanya. Daftar pantangan asam urat selengkapnya akan dijelaskan pada artikel berikut ini.

Berikut daftar makanan yang wajib dihindari penderita asam urat:

1. Jeroan

Pantangan asam urat yang pertama adalah jeroan. Jeroan hewan, seperti jantung, babat, hati, usus, ampela, dan sejenisnya diketahui mengandung purin yang cukup tinggi. Maka dari itu, sebisa mungkin batasi atau bahkan hindari konsumsi jeroan terlebih ketika asam urat sedang kambuh.

2. Daging Merah 

Di samping jeroan, daging merah ternyata juga menjadi pantangan penderita asam urat. Namun, purin yang terkandung di dalam daging merah masih tergolong sedang dan tidak terlalu tinggi seperti pada jeroan.

Jadi, Anda yang menderita asam urat masih bisa mengonsumsi daging merah, tetapi perlu dibatasi jumlahnya. Batas mengonsumsi daging merah adalah maksimal 100 gram dalam sehari.

3. Minuman Beralkohol 

Pantangan asam urat lainnya adalah minuman beralkohol. Minuman beralkohol diketahui dapat menghambat ginjal untuk membuang asam urat berlebih dalam tubuh.

Apabila pembuangan asam urat berlebih terganggu, tubuh akan menyimpannya di sendi sehingga dapat memperburuk rasa sakit dari arthritis atau radang sendi.

4. Minuman Tinggi Gula 

Minuman tinggi gula adalah pantangan asam urat lainnya. Memang, minuman tinggi gula tidak mengandung purin secara langsung.

Namun, kandungan fruktosa atau sirup jagung inilah yang menjadi penyebabnya. Sebab, fruktosa yang masuk akan dipecah oleh tubuh dan menghasilkan purin.

Selain menyebabkan asam urat, minuman tinggi gula juga bisa mengakibatkan seseorang mengalami penyakit diabetes.

Karena itulah, konsumsi minuman tinggi gula ini sebaiknya dibatasi untuk mencegah terjadinya berbagai macam gangguan kesehatan. Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, batas asupan gula per hari adalah 50 gram atau 4 sendok makan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5. Makanan Laut

Makanan laut yang menjadi pantangan asam urat di antaranya yaitu kerang, udang, serta teri. Lantaran, makanan laut ini diketahui memiliki kadar purin yang tinggi.

6. Asparagus

Asparagus adalah salah satu makanan penyebab asam urat kambuh berikutnya. Memang, asparagus memiliki kandungan folat dan kalium yang tinggi sehingga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

Akan tetapi, asparagus diketahui memiliki kandungan purin yang tinggi pula. Hal inilah yang mengakibatkan asparagus termasuk pantangan bagi penderita asam urat.

7. Sayur Bayam 

Selain asparagus, bayam merupakan sayur yang tidak boleh dimakan penderita asam urat. Lantaran, sayur bayam didapati mengandung senyawa purin yang cukup tinggi. Bahkan, dalam 100 gram sayur bayam diketahui terdapat kurang lebih 57 gram purin.

8. Durian

Seseorang dengan kadar asam urat tinggi tidak disarankan untuk mengonsumsi durian. Hal ini karena durian mengandung purin yang cukup tinggi dan dapat memengaruhi kadar asam urat dalam tubuh. Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi buah selain durian.

9. Makanan yang Mengandung Ragi 

Penderita asam urat juga sebaiknya menghindari konsumsi roti, acar, tape, dan makanan fermentasi lainnya secara berlebihan. Sebab, ragi dan ekstrak ragi yang digunakan dalam mengolah makanan tersebut diketahui mengandung purin yang dapat memperburuk rasa nyeri dari asam urat.

Itulah beberapa makanan dan minuman yang menjadi pantangan pendserita asam urat dan sebisa mungkin dibatasi konsumsinya bagi penderita penyakit tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.