Sukses

Rendah Kandungan Purin, 5 Jenis Ikan Ini Ampuh Kendalikan Asam Urat

Meski kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan, tak jarang kandungan purin dalam ikan cukup tinggi sehingga tidak ramah penderita asam urat. Yuk cari tahu ikan apa saja yang aman bagi penderita asam urat!

Liputan6.com, Jakarta Penderita asam urat umumnya cukup berpantangan dengan berbagai olahan seafood. Alasannya, tak sedikit jenis ikan maupun hewan laut lainnya yang mengandung kadar purin tinggi. Jika tetap memaksakan konsumsinya, terutama dalam jumlah berlebih, maka berpotensi memicu naiknya kadar asam urat tubuh. 

Hal ini cukup disayangkan, karena ikan sendiri merupakan salah satu sumber protein hewani dengan kandungan gizi yang cukup tinggi. Kendati demikian, pasien asam urat tetap bisa mengonsumsi beberapa jenis ikan tertentu karena diklaim memiliki kandungan purin yang tergolong rendah. 

Berikut daftar 5 jenis ikan dengan kadar purin rendah yang baik dikonsumsi penderita asam urat. Informasi ini dirangkum dari beberapa sumber pada rabu (27/3/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Ikan Kakap Merah

Ikan kakap merah menjadi salah satu jenis ikan rendah purin yang disarankan bagi penderita asam urat karena tidak berisiko menaikkan asam urat selama dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Dilansir dari laman halodoc.com, ikan kakap merah kaya akan kandungan vitamin D serta rendah lemak, sehingga menjadikannya aman bagi penderita asam urat. 

3 dari 11 halaman

2. Ikan Lele

Ikan air tawar berkumis satu ini sangat mudah dijumpai dan tergolong ekonomis. Berbagai olahannya, seperti pecel lele, juga banyak digemari oleh berbagai kalangan. Selain enak dan murah, ikan lele menjadi salah satu ikan rendah purin yang ramah bagi pengidap asam urat.

Adapun manfaat lain yang didapat dari konsumsi lele adalah bisa menyehatkan tulang dan meningkatkan kekebalan tubuh karena ikan satu ini kaya akan kandungan vitamin D.

4 dari 11 halaman

3. Ikan Nila

Ikan nila memiliki kandungan selenium yang tinggi. Kandungan ini berperan sebagai antioksidan sehingga bisa membantu mencegah berbagai dampak buruk dari paparan radikal bebas, melindungi kelenjar getah bening, serta menyehatkan otak. Selain itu, ikan nila juga mengandung fosfor yang mana bisa berperan dalam menjaga kesehatan tulang dan sendi pada penderita asam urat.

5 dari 11 halaman

4. Ikan Salmon

Riset dalam Jurnal Arthritis & Rheumatology menyebutkan bahwa pasien asam urat yang rutin mengonsumsi ikan salmon 33 persen lebih rendah berisiko terserang gout. Bahkan, dilansir dari halodoc.com, hal ini diklaim lebih baik dibandingkan konsumsi suplemen Omega-3 secara rutin. Adapun manfaat lain dari konsumsi salmon adalah dapat meningkatkan kesehatan otak, paru-paru, jantung dan sirkulasi darah.

6 dari 11 halaman

5. Ikan Sidat

Dalam 100 gram ikan sidat terkandung vitamin A, vitamin B1 & B2, vitamin C, karbohidrat, protein, zinc, kalsium, dan omega-3. Sebagaimana pada ikan salmon, omega 3 pada ikan sidat ini juga bermanfaat mencegah dari terkena masalah gout atau asam urat. Tak hanya itu, ikan satu ini juga berkhasiat mencegah berbagai masalah kardiovaskular seperti stroke, penyakit jantung, kolesterol, dan diabetes. 

7 dari 11 halaman

Lauk Apa yang Cocok untuk Penderita Asam Urat?

Penderita asam urat dapat memilih daging ayam sebagai opsi lauk yang dapat dikonsumsi. Tetapi, lebih baik memilih daging tanpa kulit untuk mengurangi asupan lemak jenuh yang dapat memicu peradangan.

8 dari 11 halaman

Apakah Telur Rebus Baik untuk Asam Urat?

Anda diperbolehkan untuk mengonsumsi telur. Tetapi, disarankan untuk tidak melampaui batas, yaitu hanya empat butir telur setiap minggunya. Cara penyajiannya juga harus tidak digoreng, melainkan direbus, dikukus, atau ditumis agar kandungan lemak dalam telur tidak meningkat.

9 dari 11 halaman

Apakah Penderita Asam Urat Tidak Boleh Makan Gorengan?

Menurut riset yang dilansir oleh PLoS One, meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh dapat menyebabkan peningkatan konsentrasi asam urat di persendian. Selain makanan yang digoreng, makanan lain yang mengandung kadar kolesterol tinggi yang sebaiknya dihindari meliputi makanan cepat saji, seafood, dan jeroan.

10 dari 11 halaman

Apakah Jagung Manis Aman untuk Penderita Asam Urat?

Menurut informasi yang dikutip dari situs Marham, jagung mengandung serat yang cukup tinggi dan dianggap bisa meningkatkan tingkat asam urat di dalam tubuh.

11 dari 11 halaman

Apakah Buncis Mengandung Purin Tinggi?

Beberapa jenis makanan mengandung protein nabati yang dapat bermanfaat bagi penderita asam urat, seperti kacang polong, buncis, dan lentil. Makanan yang termasuk dalam kategori legum ini memiliki kandungan purin yang minim dan bahkan bisa memberikan perlindungan terhadap serangan asam urat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.