Sukses

Belasan Santri di Ujung Rokan Hilir Keracunan Makanan, Satu Meninggal Dunia

Belasan santriwati Pondok Pesantren Bidayatul Hidayah di Ujung Tanjung, Kabupaten Rokan Hilir, keracunan makanan, satu di antaranya meninggal dunia.

Liputan6.com, Pekanbaru - Belasan santriwati Pondok Pesantren Bidayatul Hidayah di Ujung Tanjung, Kabupaten Rokan Hilir, keracunan makanan. Satu di antaranya meninggal dunia setelah mengonsumsi siomai yang dibeli dari luar pesantren.

Kepala Polres Rokan Hilir AKBP Andrian Pramudianto menjelaskan, informasi santri keracunan makanan ini diterima pihaknya pada 15 Mei 2024. Seorang ustaz menyebut ada santriwati yang dirawat di Rumah Sakit Athaya Ujung Tanjung.

"Ada 13 santriwati masih menjalani perawatan, sebelumnya ada 1 orang meninggal karena keracunan makanan," kata Andrian, Kamis siang, 16 Mei 2024.

Kejadian bermula ketika pondok pesantren memperingati hari jadi. Belasan santriwati membeli jajanan dari luar pondok kemudian muntah-muntah pada malam harinya.

Belasan santriwati sempat dirawat di sebuah klinik lalu dirujuk ke rumah sakit. Santriwati yang meninggal dunia sudah dibawa keluarga ke kampung asal untuk dimakamkan.

Polres Rokan Hilir tengah melakukan penyelidikan keracunan berujung maut ini. Polisi sudah melakukan olah Tempat Kejadian Perkara di pondok tersebut dan mengambil beberapa barang bukti.

"Anggota membawa sarung atau alas tempat tidur yang ada noda muntah, bantal tidur, serta sisa makanan," kata Andrian.

Berdasarkan keterangan dokter rumah sakit, lanjut Andrian, penyebab santriwati meninggal dunia ataupun yang dirawat positif karena keracunan makanan.

"Adapun gejalanya keracunan adalah sesak, mual, dan mencret," kata Andrian.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.