Sukses

Berapa Kadar Asam Urat Normal untuk Perempuan? Cek Datanya

Ternyata, kadar asam urat normal laki-laki dan perempuan tidak sama, loh! Berikut ini penjelasannya.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki riwayat asam urat memang cukup mengganggu. Selain harus memperhatikan beberapa pantangan makanan dan minuman, mempertahankan kadar normal asam urat pun menjadi hal yang tidak bisa dikesampingkan.

Tak hanya orang yang menderita asam urat saja yang perlu mengetahui kadar asam urat normal, orang-orang tanpa riwayat asam urat pun perlu tahu akan hal ini. Tujuannya tidak lain adalah sebagai salah satu usaha untuk mencegah terkena penyakit yang menyerang persendian ini.

Penting untuk diketahui juga bahwa kadar asam urat normal pada perempuan berbeda dengan kadar asam urat normal pada laki-laki. Berikut ini penjelasannya, dirangkum dari beberapa sumber pada Kamis (21/3/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Kadar Asam Urat Normal bagi Perempuan

Dilansir dari salah satu sumber, umumnya kadar asam urat perempuan usia 10-18 tahun mencapai 3,6 mg/dL sampai 4 mg/dL. Sedangkan untuk perempuan usia mulai 18 tahun ke atas berada dalam rentang 2 mg/dL sampai 6,5 mg/dL. Hal ini berbeda dengan wanita yang sudah memasuki masa menopause, asam urat normalnya sekitar 2 mg/dL sampai 8 mg/dL. 

3 dari 11 halaman

Gejala Asam Urat

Setiap penyakit muncul atau kambuh biasanya memberikan gejala-gejala tertentu. Berikut ini beberapa gejala yang menjadi ciri bahwa seseorang terkena asam urat.

Nyeri sendi yang cukup intensRasa nyeri sering timbul di malam hariDemamTerjadi pembengkakan dan ruam kemerahan pada area persendian disertai rasa panasRasa nyeri terasa semakin parah ketika tersentuh sesuatu

4 dari 11 halaman

Faktor yang Berpengaruh pada Kadar Asam Urat

Timbulnya asam urat biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti:

  1. Konsumsi makanan tinggi Purin. Ini karena purin, terutama dalam kadar tinggi, yang masuk ke dalam tubuh dapat memicu lonjakan asam urat.
  2. Beberapa jenis obat. Obat-obatan tertentu juga bisa menjadi faktor pemicu timbulnya asam urat.
  3. Faktor genetik atau keturunan
  4. Penyakit gula darah tinggi atau diabetes dan kondisi medis lainnya.
5 dari 11 halaman

Cara Mengendalikan Asam Urat

Berikut beberapa kiat yang bisa dilakukan untuk mengendalikan maupun menurunkan kadar asam urat tubuh.

  1. Menjalankan diet makanan rendah purin
  2. Memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayur mayur
  3. Konsumsi air putih yang cukup untuk mempermudah kinerja ginjal dalam membuang kadar asam urat tubuh yang berlebih
  4. Menjaga berat badan tetap normal karena orang dengan obesitas rentan terkena asam urat
  5. Biasakan olahraga secara teratur
  6. Rutin melakukan pengecekan kadar asam urat agar bisa jika ada indikasi asam urat melebihi batas normal bisa segera diatasi
6 dari 11 halaman

Komplikasi Asam Urat

Asam urat tinggi yang tidak ditangani dengan baik berisiko menimbulkan berbagai macam komplikasi penyakit lain, diantaranya:

  1. Batu Ginjal. Ketika ginjal tidak mampu menyaring kadar asam urat yang terlalu tinggi, asam urat lama-kelamaan bisa mengendap dan membentuk batu ginjal.
  2. Tophi. Asam urat berlebih dapat membentuk gumpalan kristal di bawah permukaan kulit atau tophi yang ketika membesar akan menimbulkan rasa sakit.
  3. Insomnia dan gangguan tidur. Karena salah satu gejala asam urat adalah rasa nyeri yang sering timbul di malam hari, maka kualitas tidur seseorang dengan asam urat tinggi dapat terganggu.
  4. Osteoporosis. Sebagaimana disebutkan dalam suatu penelitian di jurnal Medicine bahwa risiko osteoporosis pada pasien asam urat telah mengalami peningkatan sebanyak 23%.
7 dari 11 halaman

Asam Urat 7.6 Apakah Normal?

Kadar asam urat pada wanita dalam keadaan normal adalah antara 2,5 hingga 7,5 mg/dL, sementara pada pria berkisar 4,0 hingga 8,5 mg/dL. Individu yang sering mengalami nyeri pada sendi sebaiknya mempertahankan kadar asam urat di bawah 6,0 mg/dL agar tergolong ideal.

8 dari 11 halaman

Asam Urat dan Kolesterol Normal Berapa?

Hasil tes yang normal untuk asam urat biasanya mencatat antara 3,5 hingga 7,2 mg/dL. Jika hasilnya tidak sesuai, Anda bisa mempertimbangkan untuk memeriksa tekanan darah serta kadar kolesterol. Kadar kolesterol dianggap normal apabila kurang dari 200 mg/dL.

9 dari 11 halaman

Asam Urat 8 Apakah Normal?

Secara keseluruhan, kadar asam urat biasanya sedikit berbeda antara pria dan wanita dewasa. Untuk wanita, biasanya berkisar antara 1,5 hingga 6,0 miligram per desiliter (mg/dL), sementara untuk pria berkisar antara 2,5 hingga 7,0 mg/dL.

10 dari 11 halaman

Jika Asam Urat Tinggi Minum Apa?

Air Putih. Air putih adalah asupan yang sangat penting bagi tubuh, begitu juga ketika menderita asam urat.

11 dari 11 halaman

Kapan Sebaiknya Cek Asam Urat?

Saat yang tepat untuk memeriksa kadar asam urat adalah fleksibel, karena tes ini dapat dilakukan pada saat pemeriksaan kesehatan berkala.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Asam urat atau dalam bahasa medis dikenal dengan sebutan gout adalah suatu kondisi medis dimana terjadi gangguan metabolisme Asam Urat.

    Asam Urat

  • news update

Video Terkini