Sukses

Menikmati Liburan Lebaran ke Bandung Zoo, Jadi Destinasi Favorit Keluarga

Bandung Zoo menjadi salah satu tempat wisata favorit masyarkat Bandung dan luar kota. Tempat ini cocok dikunjungi bersama keluarga terutama dalam menikmati momen libur lebaran.

Liputan6.com, Bandung - Menikmati waktu libur lebaran ke Kebun Binatang masih menjadi destinasi yang sangat populer di antara masyarakat Indonesia. Salah satunya Kebun Binatang di kota Bandung yang saat ini dikenal dengan nama Bandung Zoo.

Pada tahun ini wisata di Bandung Zoo masih menjadi wisata favorit banyak keluarga yang ingin melihat sejumlah satwa dan menikmati momen berpiknik. Diketahui tahun ini pengelola Bandung Zoo mengizinkan pengunjung membawa makanan dari luar.

Marketing Komunikasi (Marcomm) Bandung Zoo, Sulhan Syafii menuturkan bahwa para pengunjung boleh membawa makanan dari luar dan menikmati momen berpiknik atau makan bersama keluarga.

Ia menyebutkan bahwa piknik dengan makan di Kebun Binatang Bandung sudah menjadi tradisi yang sudah ada sejak dahulu dan dikenal dengan sebutan “Botram”. Sehingga pada tahun ini momen tersebut bisa kembali dinikmati oleh para wisatawan Bandung Zoo.

“Tahun ini pengunjung juga diperbolehkan bawa makanan dan minuman dari luar, boleh “botram” juga,” ucapnya mengutip dari Antara pada Kamis (11/4/2024).

Sebagai informasi para pengunjung bisa menikmati momen makan bersama atau botram di area yang sudah disiapkan. Diketahui area tersebut berada di kawasan hutan pinus dan terdapat sewa tikar agar pengunjung bisa piknik dengan nyaman.

Jika area khusus tersebut dipenuhi oleh pengunjung maka pengunjung lainnya bisa memilih lokasi lainnya dengan catatan bahwa tidak mengganggu aktivitas dari pengunjung lainnya di Bandung Zoo.

“Tempatnya ditentukan di hutan pinus, tapi kalau penuh mereka bisa ke tempat lain,” katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sejarah Kebun Binatang Bandung (Bandung Zoo)

Melansir dari beberapa sumber Kebun Binatang Bandung atau Bandung Zoo mempunyai sejarah yang cukup panjang. Awalnya kebun binatang ini dikenal dengan nama Derenten atau direntuin dalam bahasa Sunda yang berarti kebun binatang.

Diketahui tempat ini didirikan oleh Bandung Zoological Park (BZP) pada tahun 1930 dan pengesahannya sebagai tempat wisata berlangsung pada 12 April 1933 dengan Nomor 32 oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda.

Pada masa penjajahan Jepang kebun binatang ini sempat mengalami penurunan pengelolaan sehingga Raden Ema Bratakusumah mengambil inisiatif dengan membubarkan Bandung Zoological Park dan mendirikan Yayasan Margasatwa Tamansari.

Saat ini Bandung Zoo dikenal sebagai tempat wisata rekreasi dan edukasi satwa yang disukai oleh para masyarakat dari berbagai generasi. Bahkan kini sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas menarik.

3 dari 3 halaman

Lokasi dan Tarif Tiket Bandung Zoo

Kebun Binatang Bandung atau Bandung Zoo berlokasi di pusat kota Bandung dan menjadikan tempatnya sangat mudah untuk ditemukan. Tempat wisata ini juga berdiri di tanah seluas 14 hektar.

Bandung Zoo juga berlokasi berdampingan dengan kampus ternama Indonesia yaitu ITB. Lebih lengkapnya Bandung Zoo berlokasi di Jalan Kebun Binatang Nomor 6, Lebak Siliwangi, Coblong, Bandung, Jawa Barat.

Tempat wisata ini mempunyai jam buka setiap hari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB dan mudah dikunjungi dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Berdasarkan informasi Google tempat ini meraih rating 4.1 dari total 21.301 ulasan pengguna.

Melansir dari media sosial Instagramnya dalam momen libur lebaran pada tanggal 11 hingga 21 April 2024 tempat wisata ini mempunyai tarif tiket masuk sekitar Rp 65 ribu dan untuk anak di bawah 80 cm gratis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.