Sukses

Siap-siap, Pemkab Bandung Akan Rekrut 1.500 ASN Pada Tahun Ini!

Calon rekrutan itu terbagi dua yakni Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Liputan6.com, Bandung - Pemerintah Kabupaten Bandung disebut akan merekrut sebanyak 1.500 Aparatur Sipil Negara (ASN) pada tahun 2024 ini. Pernyataan tersebut disampaikan Bupati Bandung, Dadang Supriatna. “Ada 1.500 pengadaan ASN baru di Kabupaten Bandung yang akan direkrut pada tahun 2024," kata dia melalui siaran pers, Kamis, 14 Maret 2024.

Dadang menyebut, jumlah calon rekrutan itu terbagi dua yakni Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). "Terdiri atas 1.200 PPPK dan 300 CPNS,” terang Dadang.

Dadang mengklaim, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Republik Indonesia, sudah menyetujui atas usulan jumlah kebutuhan ASN di Kabupaten Bandung tahun pengadaan 2024 itu. "Pengadaan ASN merupakan amanat UU nomor 20 Tahun 2023 yang sudah dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Bandung," katanya.

Secara terperinci, pemenuhan formasi ASN di Kabupaten Bandung pada tahun 2024 akan mencakup:

PPPK Guru: 800 formasi

PPPK Tenaga kesehatan: 200 formasi

PPPK Tenaga teknis: 200 formasi

CPNS Tenaga kesehatan: 150 formasi

CPNS Tenaga teknis: 150 formasi

"Jumlah tersebut telah mendapatkan persetujuan dari Menteri PAN-RB sehingga Kabupaten Bandung dapat melakukan rekrutmen CPNS dan PPPK untuk tahun 2024. Selain untuk memenuhi kebutuhan ASN Kabupaten Bandung berdasarkan kebutuhan lintas OPD, rekrutmen ini juga perlu segera dilakukan sebab akan ada 1.077 ASN yang akan memasuki batas usia pensiun di tahun ini," katanya.

“Jumlah rekrutmen ASN Kabupaten Bandung ini berdasarkan kebutuhan lintas OPD, terutama untuk kebutuhan tenaga kesehatan sebab saat ini Kabupaten Bandung telah mendirikan 5 rumah sakit baru,” tandas Dadang.

Diketahui, Bupati Bandung, Dadang Supriatna meraih penghargaan sebagai Bupati yang diklaim punya komitmen optimalisasi pemenuhan kebutuhan ASN Tahun 2024 sesuai dengan prioritas nasional. Penghargaan tersebut diberikan Kementerian PAN-RB, pada Rapat Koordinasi Persiapan Pengadaan ASN Tahun 2024 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan pada Kamis (14/03/2023).

Selain Bupati Bandung, penghargaan yang sama juga diberikan kepada Kementerian ATR/BPN dan tiga kepala daerah lainnya, yakni Kabupaten Banyuwangi, Kota Palembang, dan Aceh.

“Alhamdulillah, Pemerintah Kabupaten Bandung mendapatkan lagi penghargaan sebagai pemerintah kabupaten yang berkomitmen terhadap pengadaan ASN,” jelas Dadang.

“Penghargaan ini merupakan suatu motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, terutama terhadap pengadaan ASN di Kabupaten Bandung,” ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.