Sukses

Mengenal Pink Beach, Salah Satu Pantai Tercantik di Indonesia

Pink Beach menjadi salah satu pantai tercantik di Indonesia yang populer di kalangan wisatawan. Pasalnya tempat ini memiliki pasir pantai berwarna pink yang memesona.

Liputan6.com, Bandung - Indonesia termasuk dalam salah satu negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki banyak tempat wisata alam yang memesona. Salah satu tempat wisata populer yang dikenal di antara para wisatawan saat ini adalah Pantai Pink atau Pink Beach.

Pink Beach adalah salah satu pantai eksotis yang memiliki pemandangan indah dengan pasir pantai berwarna merah muda atau pink. Pantai ini juga dikenal dengan nama Pantai Merah di Pulau Komodo.

Melansir dari Labuanbajotour, Pink Beach mempunyai warna pasir yang unik dan kerap menjadi destinasi wisata favorit turis lokal dan mancanegara. Diketahui, warna pink pada pasirnya berasal dari hewan berukuran mikroskopis bernama “Foraminifera” yang memberikan pigmen warna merah pada koral.

Sehingga, koral-koral tersebut terbawa oleh gelombang dan berakhir di pesisir pantai dan hancur menjadi serpihan serta butiran yang menjadi pasir pantai. Sehingga, pantai ini pun disebut Pantai Pink yang memesona.

Pink Beach menjadi destinasi pantai yang menarik untuk dikunjungi terutama bagi para pecinta alam dan orang-orang yang ingin mencari suasana asri. Selain itu, ombaknya yang tidak terlalu besar bisa memberikan ketenangan bagi para pengunjungnya.

Para pengunjung bisa menikmati sejumlah aktivitas menarik di pantai tersebut. Mulai dari melihat berbagai jenis ikan, batu karang, biota laut, hingga yang paling populer adalah aktivitas snorkeling.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lokasi Pink Beach

Melansir dari Wonderful Indonesia Pink Beach berlokasi di kawasan Labuan Bajo atau di Pulau Komodo, Flores Barat, Nusa Tenggara Timur. Untuk mengunjungi tempat tersebut, wisatawan bisa menggunakan rute melalui Bali terutama untuk wisatawan internasional.

Melalui Bali pengunjung akan menaiki penerbangan lokal ke Labuan Bajo untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke Pulau Komodo. Kemudian, perjalanan di Labuan Bajo akan dilanjutkan menggunakan speedboat yang ada di pelabuhan Labuan Bajo.

Diketahui dari bandara Labuan Bajo ke pelabuhan Labuan Bajo membutuhkan waktu sekitar 10 menit. Ketika menaiki kapal, pengunjung bisa berlabuh di Pantai Pink atau bisa dengan trekking atau berjalan melalui tebing karang dan hutan bakau.

Jika wisatawan memilih perjalanan berjalan kaki maka pengunjung akan berlabuh di sisi lain pulau dengan perjalanan sekitar 4 jam dengan berjalan kaki ke area pantai. Pastikan kegiatan tour ke Pantai Pink Beach mengikuti arahan dari tour guide.

3 dari 4 halaman

Aktivitas di Pink Beach

1. Snorkeling

Aktivitas Snorkeling menjadi salah satu kegiatan yang wajib untuk dilakukan ketika menikmati liburan ke pantai. Pengunjung bisa menikmati keindahan biota laut atau terumbu karang dan spesies ikan lainnya yang ada di laut.

Selain itu, biasanya wisatawan bisa menyewa alat-alat snorkeling atau mengikuti tur penyelaman yang dipandu dengan instruktur berpengalaman. Maka dari itu aktivitas snorkeling wajib untuk dilakukan agar memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

2. Bersantai di pantai

Bagi pengunjung yang tidak bisa berenang jangan terlalu khawatir karena bisa menikmati suasana pantai dengan bersantai. Misalnya berjemur di atas pasir pantai yang cantik hingga mendengarkan bunyi ombak yang menenangkan.

Aktivitas ini cocok dilakukan bagi wisatawan yang ingin menghabiskan waktu tenang untuk melepas penat. Serta bersantai untuk menikmati panorama alam yang indah di sekitar Pink Beach.

4 dari 4 halaman

Aktivitas di Pink Beach

3. Berfoto

Kurang lengkap rasanya jika berlibur tanpa mengabadikan momen-momen yang indah ketika liburan. Maka dari itu aktivitas berfoto sangat wajib untuk dilakukan terutama memotret keindahan Pink Beach.

Wisatawan juga bisa berfoto santai dengan latar pemandangan Pink Beach atau memotret keindahan pasir pantai dan air lautnya yang jernih. Selain itu wisatawan juga bisa berfoto ketika melakukan aktivitas snorkeling.

4. Bermain Pasir

Selain menikmati pantai dengan bersantai dan berjemur di atas pasir pantai yang cantik. Pengunjung juga bisa menghabiskan waktunya dengan bermain pasir pantai yang unik karena warnanya yang pink.

Pengunjung bisa merasakan bagaimana tekstur dari pasir pantai yang ada di sekitar atau mungkin sekedar membuat tulisan-tulisan menggunakan jari di atas pasir pantai. Pengunjung juga bisa melihat langsung pasir pantai berwarna pink yang terbentuk oleh Foraminifera.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.