Sukses

Investasi yang Paling Cocok Untuk Pelaku Usaha Ultra Mikro

Dengan keterbatasan modal dan sumber daya, mereka perlu memilih investasi yang sesuai dengan profil risiko, tujuan, dan kebutuhan bisnis.

Liputan6.com, Jakarta - Pelaku usaha ultra mikro, terutama yang beroperasi dalam skala kecil hingga menengah, sering kali menghadapi tantangan unik dalam mengelola keuangan dan merencanakan investasi.

Dengan keterbatasan modal dan sumber daya, mereka perlu memilih investasi yang sesuai dengan profil risiko, tujuan, dan kebutuhan bisnis mereka.

Apalagi pelaku usaha ultra mikro, seperti nasabah PNM Mekaar, yang menjalankan usaha sebatas untuk memenuhi kehidupan sehari-hari.

Namun, untuk bisa meningkatkan kesejahteraan keluarga tentu butuh perputaran uang selain dengan berjualan. Salah satunya adalah dengan investasi. Tentu saja harus disesuaikan dengan profile dan kemampuan masing-masing individu. Juga perlu memastikan bahwa penyedia jasa investasi yang akan diikuti sudah terdaftar dan terverifikasi di OJK.

Dari sekian banyak ragam investasi, Ibupreneur bisa memulai dengan membuka tabungan emas. Saat ini membeli emas bisa menggunakan skema mencicil dengan menabung. Nominalnya pun cukup ekonomis mulai dari kisaran Rp10.000 sudah bisa menabung emas 0,01 gram.

Semangat menabung ini yang perlu ditanamkan dalam pengelolaan keuangan para pengusaha UMKM. Jika dilakukan secara konsisten setiap minggu, dalam 10 tahun ibu-ibu bisa memiliki sekitar 5 gram tabungan emas.

Sekretaris Perusahaan PNM L. Dodot Patria Ary mengatakan Emas termasuk investasi jangka panjang karena keuntungan tidak bisa kita dapatkan dengan cepat. Investasi emas memang sangat menjanjikan, namun pada kondisi ekonomi yang stabil harga emas cenderung stabil.

"Investasi emas tidak memerlukan modal besar dan bisa dicicil. Untuk bisa berinvestasi emas, kita tidak perlu merogoh kocek yang dalam," jelasnya.

Caranya dengan menyisihkan beberapa persen dari penghasilan yang kita dapat setiap bulannya. Risiko rendah dengan harga yang terjangkau menjadikan keuntungan investasi emas ini.

Investasi emas juga bisa menjaga aset kekayaan. Dengan nilai yang cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Investasi emas sangat cocok bila kita sebut sebagai investasi yang mampu melindungi nilai kekayaan seseorang. Hal ini bisa kita lihat dari harganya yang selalu stabil dan cenderung naik.

"Sehingga ketika kita melakukan investasi emas dan menjualnya kembali akan mendapat keuntungan yang lebih tinggi," katanya.

Risiko investasi emas terbilang minim. Memilih emas sebagai investasi menjadi solusi terbaik untuk pemula, karena selain memiliki berbagai keuntungan, investasi ini juga minim risiko. Emas bisa kita simpan dalam jangka waktu lama, bahkan tidak akan mengalami perubahan pada fisiknya.

Menurut Dodot nasabah ultra mikro kini bisa mendapat kemudahan inklusi keuangan. Sejak bergabung sebagai Holding Ultra Mikro (UMi) antara BRI, Pegadaian dan PNM, penyediaan akses layanan keuangan melalui ekosistem usaha UMi lebih cepat dan efisien.

Sehingga, nasabah PNM Mekaar bisa mendapatkan keuntungan mendapatkan pembiayaan usaha melalui PNM dan membuka tabungan emas Pegadaian.

Layanan keuangan dari ketiganya bisa didapatkan dalam satu ekosistem Holding UMi yang memudahkan pengusaha mikro dan ultra mikro menuju kehidupan yang lebih sejahtera.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini