Sukses

Identik dengan Merah hingga Hijau, Ini Makna Berbagai Warna dalam Perayaan Natal

Warna yang paling mencolok dengan perayaan Natal adalah merah, mencerminkan api, amalan, dan kebaikan hati kepada sesama.

Liputan6.com, Yogyakarta - Perayaan Natal selalu identik dengan berbagai dekorasi warna-warni. Umumnya, warna yang digunakan adalah merah, hijau, emas, dan putih atau perak.

Warna-warna ini ternyata memiliki makna tersendiri. Mengutip dari berbagai sumber, berikut makna warna dalam perayaan Natal:

1. Merah

Warna yang paling mencolok dengan perayaan Natal adalah merah. Warna ini menjadi simbol religius saat perayaan Natal sekaligus mencerminkan api, amalan, dan kebaikan hati kepada sesama.

Merah juga melambangkan kebangkitan spiritual dan darah Yesus Kristus. Konon, warna ini juga berasal dari orang Celtic kuno yang memuja tanaman holly yang selalu berwarna hijau dan merah.

Warna merah umumnya ditemukan di pakaian, topi, serta di berbagai dekorasi pohon natal. Sifatnya yang mencolok membuat suasana Natal semakin meriah.

2. Hijau

Seperti merah, hijau dalam perayaan Natal konon juga berasal dari orang Celtic kuno yang memuja tanaman holly yang selalu berwarna hijau dan merah. Hijau juga disimbolkan sebagai simbol cinta abadi dari Tuhan kepada umatnya.

Selain itu, hijau juga mengandung makna alam, makhluk hidup, kemudahan, kehidupan, dan kelahiran baru. Warna ini bisa dengan mudah ditemukan di pakaian, dekorasi, dan tentu saja warna pohon Natal itu sendiri (cemara).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Putih

3. Putih atau perak

Dalam perataan Natal, terselip warna netral yang turut menghiasi damai Natal, yaitu putih atau perak. Warna ini memiliki makna kesucian, kemurnian, kebahagiaan, dan kelahiran Yesus Kristus.

Selain itu, putih juga identik dengan musim dingin di berbagai negara yang kerap dibarengi dengan turunnya salju. Keberadaan warna ini menjadi simbol pengharapan agar setiap orang dilimpahkan kebahagiaan dan kesucian diri. Warna ini biasanya ditemukan di berbagai hiasan dekoratif Natal.

4. Emas

Keberadaan nuansa emas menambah kemeriahan dan kemewahan suasana perayaan Natal. Warna ini menggambarkan cahaya matahari yang dapat mengalahkan kegelapan.

Selain itu, emas juga melambangkan kemuliaan dan keagungan. Emas merujuk pada kelahiran yang Kudus, Yesus Kristus. Dalam perayaan Natal, warna emas sering kali ditemukan di lampu, lilin, hingga bintang di puncak pohon Natal.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.