Sukses

Garuda Indonesia hingga Pelita Air Bakal Layani Penerbangan Langsung Thailand-Yogyakarta

Holding BUMN Pariwisata dan Pendukungnya, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney berencana membuka rute penerbangan langsung dari Thailand ke Indonesia. Rencananya, maskapai pelat merah akan dilibatkan dalam pembukaan rute tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Holding BUMN Pariwisata dan Pendukungnya, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney berencana membuka rute penerbangan langsung dari Thailand ke Indonesia. Rencananya, maskapai pelat merah akan dilibatkan dalam pembukaan rute tersebut.

Diketahui, ada 3 maskapai pelat merah yang saat ini beroperasi. Yakni, Garuda Indonesia, Citilink, dan Pelita Air Service. Ketiganya juga direncakan masuk dalam ekosistem InJourney.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono mengatakan sudah membuka komunikasi dengan maskapai tersebut terkait rencana pembukaan rute langsung Thailand-Yogyakarta.

"Kita sudah diskusi dengan maskapai yang akan masuk dalam ekosistem InJourney untuk membawa penerbangan langsung antara Garuda, Citilink, dan Pelita," kata Maya usai Penyambutan Bhikkhu Thudong menuju Candi Borobudur, di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, dikutip Rabu (15/5/2024).

Bukan cuma maskapai pelat merah, Maya mengungkap akan turut melibatkan maskapai lain dari Thailand. Kendati begitu, dia belum mengungkap detail lebih lanjut dari pemilihan maskapai itu.

"Tapi kita juga pasti membutuhkan maskapai dari luar seperti Thai Airways dan Vietjat Airway untuk masuk," ujarnya.

Seperti diketahui, Maya membidik peningkatan kunjungan wisata religi menuju Borobudur. Melalui pembukaan rute langsung, diharapkan kunjungan wisatawan meningkat 1-2 juta orang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dibuka 3 Bulan Lagi

Diberitakan sebelumnya, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengungkap rencana pembukaan rute penerbangan langsung dari Thailand ke Yogyakarta. Rencananya, pembukaan rute baru ini dilakukan dalam 3 bulan kedepan.

Proses pembukaan rute ini tengah diproses oleh PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney. Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono menyampaikan sudah membuka komunikasi dengan sejumlaj agen travel di Thailand.

Pembukaan rute penerbangan Thailand-Yogyakarta ini, kata dia, untuk memaksimalkan potensi wisata religi. Misalnya bagi umat Buddha dari Thailand untuk menuju ke Candi Borobudur.

"Saat ini kita sudah berdialog dengan berbagai travel agent di Thailand kita sudah melakukan pilgrim trip dan sudah dengan 30 travel agent di Thailand dan akan dimulai dengan charter dari Thailand ke Yogyakarta, Kulonprogo, ada bandara kita di YIA (Yogyakarta International Airport)," kata Maya usai Penyambutan Bhikkhu Thudong menuju Candi Borobudur, di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Selasa (14/5/2024).

"Ini kita harapkan bisa mulai dalam 3 bulan kedepan," sambungnya.

 

3 dari 3 halaman

Kerek Wisatawan

Maya membidik dampak positif dari pembukaan rute ini. Dia menargetkan bisa mengangkar jumlah wisatawan mancanegara menuju kawasan Candi Borobudur untuk melakukan wisata religi.

"Ini kita harapkan bisa mendatangkan wisatawan mungkin minimum 1 sampai 2 juta untuk wisatawan pilgrim spiritual ke Candi Borobudur," tegasnya.

Perlu diketahui, sebanyak 40 Bhikkhu dari Thailand telah tiba di TMII untuk memulai ritual Thudong. Ritual keagamaan tersebut merupakan bagian dari ibadah yang puncaknya akan dilakukan di Candi Borobudur bertepatan dengan perayaan Hari Raya Waisak 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini