Sukses

Roger Corman, Sutradara dan Raja Film 'Low Budget' Meninggal Dunia

Sepanjang karier perfilman lebih dari 60 tahun, Roger Corman telah membuat lebih dari 400 film.

Liputan6.com, Yogyakarta - Penulis sekaligus sutradara Roger Corman meninggal dunia pada usia 98 tahun. Kabar ini disampaikan oleh putrinya Catherine Corman melalui pernyataan resmi.

Catherine mengatakan, sang ayah meninggal dunia pada Kamis (9/5/2024) di rumahnya di Santa Monica, California. Namun, kabar duka ini baru diumumkan di publik pada Sabtu (11/5/2024).

Mengutip dari The Guardian, Roger Corman merupakan sosok yang membantu menghasilkan film klasik berbiaya rendah, seperti Little Shop of Horrorsx. Ia mengembangkan gaya yang murah dan ceria yang kemudian membuat beberapa orang menyebutnya sebagai raja film-B.

Film-B atau B-movie adalah jenis film yang umumnya diproduksi dengan dana rendah alias low budget. Film ini juga dibuat tanpa keseriusan, cita rasa seni tinggi, atau bahkan dibuat dengan asal-asalan tanpa memikirkan cerita dan spesial effect sinematografi.

Sepanjang karier perfilman lebih dari 60 tahun, Roger Corman telah membuat lebih dari 400 film, termasuk Atack of the Crab Monsters (1957), She Gods of Shark Reef (1958), film klasik kultus Death Race 2000 (1975), Piranha (1978), hingga The Little Shop of Horrors (1986). Bukan itu saja, ia juga berperan penting dalam mengembangkan bakat sejumlah sutradara terkenal, termasuk James Cameron dan Martin Scorsese. Ia juga meluncurkan karier aktor seperti Peter Fonda, Robert De Niro, dan Sandra Bullock.

Corman lahir pada 5 April 1926 di Detroit, Michigan. Awalnya, Corman akan mengikuti jejak ayahnya dengan menerima gelar di bidang teknik industri dari Universitas Stanford. Namun, setelah empat hari dalam pekerjaan pertamanya di US Electrical Motors di Los Angeles, Corman menyadari bahwa dia ingin bekerja di industri film.

Ia pun berangkat ke 20th Century Fox, di mana dia mendapat pekerjaan sebagai messenger. Setelah bekerja sebagai pembaca cerita, Corman meninggalkan Fox ketika tidak menerima kredit untuk ide Gregory Peck western di The Gunfighter.

Ia kemudian bekerja mandiri dan memproduksi sembilan film dalam setahun. Hingga akhirnya, ada lebih dari 400 film di sepanjang kariernya.

Semua film-film tersebut dibuat dengan anggaran rendah. Meski hampir semua karya Corman cenderung ke arah genre lowbrow, tetapi hal itu tetap tidak kebal dari pujian kritis.

Setelah melanglang di industri film, Roger Corman mempersingkat karier penyutradaraannya sendiri dengan pensiun pada 1971. Ia kemudian kembali ke kursi sutradara untuk film horor Frankenstein Unbound (1990).

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.