Sukses

Cemilan Sehat dan Lezat, Ini Resep Brownies Kunyit yang Mudah Dibuat

Membuat brownies tentu mudah dan banyak artikel yang sudah membuatnya. Lalu bagaimana membuat brownies kunyit yang enak dan tidak terasa seperti bumbu dapur? Mahasiswa UNY telah menemukan resepnya.

Liputan6.com, Yogyakarta - Kunyit tidak lagi hanya sebagai bumbu dapur atau menjadi obat tradisional saja.  Mahasiswa KKNR 8669 UNY Somodaran, Banyuraden, Gamping, Sleman yaitu   Finda Triarsa, Anas Tri Yanati, Qothifah Nabila, Margaretha Echa Chrisnawati, Ervita Mutia Sari, Sekar Lestari, Kavita Diah Kusuma Astuti, Ananda Elya Riawan, Reyhan Kurniantoro dan Yuli Sulistiyono membuat brownies kunyit.  

“Sehingga kami menginovasikan menjadi makanan yg menarik dan menambah UMKM menu makanan jajanan pasar,” ujar Ketua KKNR UNY Finda Triarsa mahasiswa prodi pendidikan matematika Jumat 24 November 2023.  

Qothifah Nabila mengatakan kandungan senyawa dalam kunyit seperti kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin dan bisdesmetoksikurkumin yang berkhasiat untuk obat-obatan alami. Mahasiswa prodi Pendidikan kimia FMIPA UNY tersebut menjelaskan bahwa kunyit bermanfaat untuk anti peradangan, pencegahan kanker, meningkatkan fungsi hati, mengurangi resiko leukimia serta melindungi segala penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah.

Penanggungjawab program Kavita Diah Kusuma Astuti mengatakan pembuatan brownies kunyit ini  melibatkan  ibu warga Somodaran dalam pelatihan membuat brownies kunyit. Membuat bownies kunyit ini membutuhkan  tepung terigu serbaguna 70 gram, telur 4 butir, gula pasir 125 gram, SP 1 sendok teh, margarin 45 gram, baking powder setengah sendok teh, kunyit bubuk 1 sendok teh dan pewarna makanan kuning secukupnya. 

Cara membuatnya siapkan loyang ukuran 20 cm x 20 cm yang sudah dialasi dengan kertas roti dan diolesi dengan margarin. 

“Sementara itu panaskan kukusan. Campurkan bahan kering seperti baking powder, tepung terigu dan bubuk kunyit,” kata mahasiswa prodi pendidikan tata boga tersebut. 

Setelah itu melelehkan margarin dan jika sudah dingin campurkan dengan pewarna makanan kuning. Dalam wadah lain campurkan telur, gula pasir dan SP lalu mixer hingga mengembang dan kental berjejak. 

"Setelah adonan mengembang campurkan dengan bahan kering dan lelehan margarin secara bertahap, aduk hingga merata." 

Masukkan dalam Loyang dan kukus selama 20 menit dengan api sedang ke besar. Setelah matang beri topping dengan cream dan keju atau sesuai selera dan brownies kunyit siap dihidangkan. 

Kavita Diah menyebutkan tingkat kemanisan dan rasa kunyit yang ada pada brownies itu bisa disesuaikan dengan selera. jika ingin lebih manis dan lebih strong rasa kunyitnya bisa ditambah lagi sesuai selera.

Salah seorang peserta pelatihan membuat brownies kunyit, Bu Widodo merasa senang dengan pelatihan ini. Adanya pelatihan itu menambah pengetahuan tentang pengolahan makanan dengan bahan baku tanaman obat keluarga yang baik untuk kesehatan. 

“Rasanya enak dan pas dalam selera,” katanya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.