Sukses

Jadi Pemeran Dasiyah di Film Gadis Kretek, Begini Perjalanan Karier Dian Sastrowardoyo

Dian Sastrowardoyo disebut-sebut sebagai simbol kebangkitan perfilman nasional bersama rekannya Nicholas Saputra dalam film Ada Apa Dengan Cinta

Liputan6.com, Jakarta - Diandra Paramitha Sastrowardoyo aktris cantik kelahiran 16 Maret 1982 ini lebih dikenal sebagai Dian Sastrowardoyo. Ia adalah aktris papan atas yang selalu tampil totalitas dalam berakting.

Dirangkum dari berbagai sumber, Dian Sastrowardoyo adalah pemeran, model, penyanyi, dan produser Indonesia. Dian memulai karirnya di dunia entertainment pada tahun 1996 sebagai juara pertama ajang gadis sampul.

Ia disebut-sebut sebagai simbol kebangkitan perfilman nasional bersama rekannya Nicholas Saputra dalam film Ada Apa Dengan Cinta. Film pertamanya adalah Shooting Star tahun 2000 karya Rudi Soedjarwo yang didistribusikan secara mandiri di kampus dan tidak ditayangkan di bioskop.

Dalam film ini, Dian beradu akting dengan Marcella Zalianty, Gary Iskak, dan Indra Birowo. Film berikutnya pada tahun 2001, Pasir Berbisik, Dian bermain bersama Christine Hakim, Slamet Rahardjo dan Didi Petet.

Berkat filmnya ini, Dian mendapat penghargaan Aktor dan Aktris Terbaik tahun 2002 di Festival Film Internasional Singapura dan Festival Film Asia di Prancis. Melanjutkan karirnya di dunia perfilman Indonesia, ia berperan dalam film pendek berjudul Drupadi, di mana ia juga berperan sebagai produser film ini.

Dian kembali berpasangan dengan Nicholas Saputra dalam film bertajuk 3 Pray 3 Cinta yang merupakan film bernuansa religi disutradarai sutradara Nurman Hakim. Dian berkesempatan mengunjungi Festival Film Cannes 2012 di Perancis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menikah

Pada tahun 2016, Dian membintangi sekuel film legendaris Ada Apa Dengan Cinta? Dian juga mulai kembali berakting di film layar lebar pada tahun berikutnya, yaitu Kartini yang dirilis pada bulan April 2017.

Pada tahun 2018, Dian membintangi film The Night Comes For Us yang dirilis di jaringan Netflix pada 19 Oktober 2018. Aktris Cantik Dian kemudian menikah dengan Maulana Indraguna Sutowo pada tanggal 18 Mei 2010.

Tanggal 17 Juli 2011, Dian melahirkan anak laki-laki pertamanya, Shailendra Naryama Sastraguna Sutowo. Anak kedua Dian yang diberi nama Ishana Ariandra Nariratana Sutowo lahir pada 7 Juni 2013.

 

Penulis: Belvana Fasya Saad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.