Sukses

Jadi Lokasi Syuting Gadis Kretek, Ini Sejarah Museum Kretek

Museum Kretek dibangun dan diresmikan pada 3 Oktober 1986. Museum Kretek Kudus ini memiliki daya tarik tersendiri.

Liputan6.com, Kudus - Museum Kretek menjadi sorotan setelah muncul di serial Gadis Kretek yang tengah naik daun. Museum yang berada di Kudus, Jawa Tengah (Jateng) ini khusus dibangun untuk memperkenalkan sejarah kretek.

Museum Kretek dibangun dan diresmikan pada 3 Oktober 1986. Museum Kretek Kudus ini memiliki daya tarik tersendiri.

Di dalamnya, pengunjung dapat mempelajari lebih lanjut informasi edukasi tentang sejarah dan perkembangan kretek sebagai warisan kearifan budaya lokal bangsa Indonesia. Dikutip dari laman visitjawatengah.jatengprov.go.id, pembangunan museum ini dibiayai oleh Persatuan Pengusaha Rokok Kudus.

Museum Kretek didirikan untuk menunjukkan bahwa kretek berkembang sangat pesat di tanah Jawa khususnya di Kota Kudus. Pengunjung museum ini akan diperkenalkan sejarah tentang kretek hingga proses produksi rokok kretek, mulai dari pembuatan secara manual sampai menggunakan teknologi modern.

Museum Kretek juga bisa diperkenalkan tokoh-tokoh yang berperan besar dalam memajukan bisnis rokok di Indonesia. Interior museum dipenuhi dengan patung-patung dan berbagai macam perlengkapan pembuatan rokok.

Patung-patung tersebut adalah hasil karya seniman-seniman Kudus, khususnya dari kalangan pendidik. Koleksi unggulan dari museum ini adalah benda-benda promosi kretek pada masa lalu.

Museum ini menyimpan sebanyak 1.195 koleksi tentang sejarah kretek. Kompleks museum juga dilengkapi beberapa miniatur bangunan cagar budaya.

Museum Kretek juga menyimpan berbagai peralatan dan mesin-mesin tradisional pembuatan rokok kretek dan rokok klobot serta sarana promosi rokok pada masa itu. Terdapat pula diorama yang menggambarkan proses penanaman dan pengolahan bahan baku rokok kretek (tembakau, cengkeh, dan klobot jagung).

Lokasi Museum Kretek terletak di Jl. Getas Pejaten No.155, Getas, Getas Pejaten, Kec. Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Museum ini dapat dikunjungi setiap hari, dari Senin sampai Minggu mulai pukul 08.00 hingga 15.00 WIB.

Harga tiket masuk untuk pengunjung Museum Kretek dibanderol mulai dari Rp 4.000 pada hari Senin hingga Sabtu. Sementara, Rp5.000 untuk hari Minggu dan tanggal merah.

Adapun untuk wisata kolam renang atau waterboom yang termasuk dalam fasilitas yang berada di dalam Museum Kretek Kudus dikenai tarif tambahan, yakni sebesar Rp15.000 untuk menikmati wisata waterboom dan renang tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.