Sukses

Terungkap Pelaku Pembuangan Orok Bayi di Bandara I Gusti NGurah Rai Bali, Apa Motifnya?

Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai mengungkap pelaku pembuangan orok di Drop Zone 2 Terminal Keberangkatan Domestik Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali

Liputan6.com, Denpasar - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai mengungkap pelaku pembuangan orok di Drop Zone 2 Terminal Keberangkatan Domestik Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Kasatreskrim Polres Kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai Iptu Rionson Ritonga, dalam keterangan tertulisnya di Denpasar, Bali, Sabtu, menyatakan pelaku berinisial ZDL (28) membuang bayi tersebut pada Minggu (15/10) dan telah ditangkap di Semarang, Jawa Tengah, Kamis sore (19/10).

Penyidik masih mendalami motif dari pelaku membuang orok tersebut. Penangkapan pelaku ZDL (28), perempuan asal Semarang Timur, Kota Semarang, itu berkat kerja sama jajaran Subdit Jatanras Polda Jawa Tengah dengan Satreskrim Polres Kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Rionson menjelaskan sejak penemuan bayi tersebut pada Minggu (15/10), pihaknya bersama Subdit 3 Jatanras Ditreskrimum Polda Bali langsung melakukan penyelidikan dan pengejaran terhadap pelaku.

"Selain itu, kami juga melakukan koordinasi dan kerja sama dengan petugas Avsec Angkasa Pura I untuk melakukan pengecekan melalui CCTV di tempat kejadian perkara (TKP) maupun di lokasi lain yang ada di Bandara I Gusti Ngurah Rai untuk mendeteksi pelaku," kata Rionson, dikutip Antara.

Dari pengecekan kamera pengawas tersebut, terpantau ciri-ciri orang yang diduga sebagai pelaku pembuang orok bayi tersebut. Berbekal dari data tersebut, tim melakukan pengejaran hingga terdeteksi keberadaan pelaku di Semarang, Jawa Tengah.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelaku Adalah Ibu Kandung

"Tanpa membuang-buang waktu, kami langsung terbang ke Semarang. Pelaku yang juga sebagai ibu kandung dari orok bayi tersebut akhirnya berhasil diamankan di rumahnya," katanya.

Sementara itu, General Manager (GM) Angkasa Pura I Handy Heryudhitiawan mengapresiasi jajaran Satreskrim Polres Bandara Ngurah Rai atas penangkapan pelaku kejadian yang sempat menghebohkan Bandara Ngurah Rai itu.

"Kami mengucapkan apresiasi atas upaya seluruh pihak yang terlibat untuk mengungkap kejadian ini dengan efektif dan efisien dalam kurun waktu yang tidak lama," kata Handy.

Selain itu, selaku pihak pengelola bandara, Handy terus menjalin sinergisme dengan Polres Kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai serta seluruh pemangku kepentingan terkait, untuk penanganan peristiwa yang berdampak pada keamanan dan ketertiban di lingkungan bandara.

"Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga ketertiban dan keamanan di lingkungan bandara, karena sebagai objek vital nasional. Maka, semua pihak berkepentingan untuk bandara agar selalu aman, tertib dan nyaman," kata Handy.

Saat ini, pelaku ZDL masih berada di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Bali untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.