Sukses

Tekad Peraih Beasiswa Pertamina Majukan Natuna di Masa Depan

Penerima beasiswa akan mendapatkan pembebasan biaya kuliah, bantuan biaya hidup dan tinggal di asrama UPER.

Liputan6.com, Jakarta - Natuna memiliki cadangan minyak bumi sebesar 135,17 juta barrel dan cadangan gas sebesar 1,26 triliun kaki kubik. Meski begitu, keberadaan potensi ini belum banyak diketahui oleh masyarakat.

Direktur Jenderal Migas, Tutuka Ariadji, menyatakan bahwa minimnya permintaan migas di wilayah tersebut menjadi salah satu alasan belum optimalnya pengembangan migas di Natuna.

"Kehadiran media dapat membantu industri migas dalam memberikan beragam informasi kepada masyarakat untuk membantu mengembangkan program industri, guna memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat," ujarnya.

Potensi besar yang ada di Natuna tersebut, mendorong Wan Yulia, alumni siswa SMAN 1 Bunguran Timur Laut, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, berupaya meraih cita-citanya menjadi jurnalis. Penerima beasiswa Sobat Bumi Natuna tersebut selangkah makin dekat ke cita-citanya melalui kuliah di Universitas Pertamina (UPER) Jurusan Hubungan Internasional.

"Wilayah tempat saya tinggal ini kaya dengan berbagai jenis potensi energi. Namun masih banyak masyarakat Indonesia yang bahkan belum tahu tentang Natuna. Jadi saya ingin menjadi jurnalis yang membawakan berita di berbagai wilayah Indonesia, sehingga saya bisa mengenalkan tentang kekayaan Natuna," ungkap Yulia dalam wawancara daring (26/7/2023).

Yulia adalah satu dari 15 penerima Beasiswa Sobat Bumi Natuna, yaitu Fikri Ramadhantara, Dhandy Satrio, M. Ikhwan Apriansyah, Dany Saputra, Wahyu Hidayat, Dery Ardika Ralofi, Rahmat, Muhammad Adli Danica, Diva Nur Su’Ada, Kevin Agung Saputra Panjaitan, Dinda Zuliantika, Fathinah Almudzakkirah, Afrizal Wahyudi, dan Octa Salsabila Putri. Mereka akan mendapatkan pembebasan biaya kuliah, bantuan biaya hidup dan tinggal di asrama UPER.

Beasiswa Sobat Bumi Natuna merupakan salah satu CSR pendidikan PT Pertamina (Persero), bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Natuna, Pertamina Foundation dan Universitas Pertamina. Dengan menyediakan bantuan pendanaan sebesar Rp3 miliar untuk putra dan putri terbaik Kabupaten Natuna dalam mendapatkan pendidikan tinggi.

Rektor Universitas Pertamina Prof. Dr. Ir. Wawan Gunawan A. Kadir menyebut selain beasiswa, siswa siswi Natuna juga berkesempatan menjadi pegawai Pertamina grup melalui program Lulusan Merah Putih.

"Setelah lulus, mereka mendapat kesempatan untuk mengisi 45 posisi di Pertamina grup, maupun korporasi mitra kami lainnya," jelas Prof. Wawan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.