Sukses

Manfaat dan Keutamaan Puasa Arafah yang Dikerjakan pada 9 Zulhijah

Menjalani puasa Arafah merupakan salah satu puasa sunah yang mempunyai manfaat dan keutamaan yang sayang untuk dilewati oleh umat Muslim.

Liputan6.com, Bandung - Puasa arafah merupakan ibadah puasa yang dilakukan pada 9 Zulhijah. Ibadah ini merupakan puasa yang dilaksanakan sebelum Hari Raya Idul Adha.

Puasa arafah tidak hanya mempunyai manfaat saja, tetapi keutamaan yang besar dalam agama Islam.

Sehingga, puasa arafah menjadi salah satu amalan yang dianjurkan dan berarti bagi umat Muslim.

Seperti dalam hadits riwayat Imam Muslim Rasulullah bersabda mengenai salah satu manfaat Puasa Arafah berikut ini:

"Puasa hari Arafah, aku berharap Allah menghapus dosa setahun yang telah lalu dan setahun yang akan datang."

Terdapat beberapa keutamaan dan manfaat melaksanakan puasa arafah. Berikut penjelasannya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat dan Keutamaan Puasa Arafah

1. Mendapatkan penghapusan dosa

Puasa Arafah diyakini dapat menghapus dosa-dosa yang telah lalu dan yang akan datang. Dengan melaksanakan puasa ini dengan sungguh-sungguh, umat Muslim memiliki kesempatan untuk memperoleh keampunan Allah dan membersihkan diri dari dosa-dosa.

2. Meningkatkan keimanan dan kesalehan

Puasa Arafah memperkuat ikatan spiritual seseorang dengan Allah. Dalam menjalankan ibadah ini, umat Muslim mengorbankan keinginan duniawi untuk mendekatkan diri kepada-Nya. Hal ini dapat meningkatkan keimanan, kesalehan, dan kesadaran akan kebesaran Allah SWT.

 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

3. Mendekatkan diri kepada Allah

Puasa Arafah adalah bentuk ibadah yang mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan menahan diri dari makan, minum, dan aktivitas yang membatalkan puasa, umat Muslim mengorbankan keinginan jasmani demi mendapatkan keridhaan Allah. Ibadah ini merupakan wujud ketaatan dan kesungguhan dalam menjalankan perintah-Nya.

4. Meneladani Rasulullah SAW

Rasulullah Muhammad SAW adalah panutan bagi umat Muslim. Beliau sendiri sangat menganjurkan umatnya untuk menjalankan puasa Arafah. Dengan melaksanakan puasa ini, umat Muslim mengikuti jejak dan teladan Rasulullah, sehingga mendekatkan diri kepada-Nya dan meraih keberkahan yang Dia janjikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini