Sukses

Jangan Panik, Susah Tidur Saat PMS Itu Biasa

Susah tidur saat menstruasi terjadi karena adanya perubahan kadar progesteron, penurunan kadar melatonin, peningkatan suhu tubuh, dan berkurangnya fase REM selama siklus menstruasi berlangsung.

Liputan6.com, Jakarta - Sering mengalami susah tidur atau insomnia saat menstruasi? Jangan panik dulu, kondisi tersebut rupanya wajar dialami oleh para kaum hawa. Ini cukup menganggu kegiatan sehari-hari karena bisa mengurangi konsentrasi. Namun, kira-kira apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya? Simak terus ulasan ini, ya!

Susah tidur saat menstruasi menjadi salah satu gejala premenstruation syndrome (PMS). Gangguan tidur ini terjadi karena adanya perubahan kadar progesteron, penurunan kadar melatonin, peningkatan suhu tubuh, dan berkurangnya fase REM selama siklus menstruasi berlangsung.

Di samping itu, beberapa faktor juga bisa mempengaruhi masalah yang biasanya terjadi setiap bulan ini. Misal, kamu yang sedang menjalani diet tidak sehat, mengonsumsi makanan dan minuman tinggi kafein, juga rasa cemas karena darah haid menembus celana hingga mengenai sprei. 

Meski begitu, masalah yang satu ini dapat diminimalisir dengan berbagai cara sederhana. Buat kamu yang sering mengalami susah tidur saat menstruasi, yuk simak cara mengatasi insomnia saat menstruasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Mengatasi Sulit Tidur Saat Menstruasi

1. Terapkan pola hidup sehat

Cara paling ampuh mengatasi susah tidur saat menstruasi adalah menerapkan pola hidup sehat. Mulailah dengan mengonsumsi makanan sehat yang dapat membantumu tidur lebih nyenyak dan meminimalisir rasa tidak nyaman saat haid. 

Berbagai makanan yang wajib kamu konsumsi termasuk ikan, telur, serta susu dan produk olahannya. Pastikan juga untuk menghindari kafein sebelum tidur, minum minuman beralkohol serta makanan yang mengandung lemak tinggi yang bisa meningkatkan risiko masalah pencernaan. 

Jika pencernaan kamu terganggu, bisa dipastikan kamu akan mengalami kesulitan tidur. Jangan lupa rutin berolahraga, ya!

2. Terapkan kebiasaan sehat sebelum tidur

Bukan hanya menerapkan pola hidup sehat, kebiasaan sebelum tidur pun perlu kamu ubah demi mendapatkan kualitas tidur yang baik meski sedang datang bulan. Menerapkan kebiasaan sehat sebelum tidur juga bisa membantu meminimalisir susah tidur saat menstruasi.

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah menerapkan jadwal tidur yang konsisten setiap hari, dengan begitu kamu bisa terbiasa untuk tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari. Pastikan untuk menjauhkan gadget 30 menit sebelum tidur.

Selain itu, hindari makan besar sebelum tidur dan suasana kamar tidur yang nyaman.

3. Relaksasi sebelum tidur

Relaksasi sebelum tidur juga dapat membantu mengatasi susah tidur saat menstruasi. Ada cukup banyak cara relaksasi yang bisa kamu lakukan, mulai dari mandi dengan air hangat, mendengarkan musik, hingga meditasi sebelum tidur. 

Cara ini juga bermanfaat untuk memperbaiki suasana hati dan meringankan stres, lho!

4. Pasang alas tidur

Cemas bisa jadi salah satu penyebab susah tidur saat menstruasi. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa memasang alas tidur agar darah haid tidak menembus ke celana dan sprei.

5. Pilih posisi tidur yang nyaman

Sakit otot dan kram perut yang kamu rasakan saat menstruasi mungkin jadi salah satu penyebab kamu susah tidur. Untuk mengatasi masalah ini, cobalah untuk tidur dengan posisi menyamping atau telentang yang nyaman.

Jika kamu merasa nyaman dengan posisi meringkuk, kamu juga bisa mencobanya. Intinya, pastikan untuk memilih posisi tidur yang nyaman. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.