Sukses

75 Tahun Kerja Sama Belgia-Indonesia, Ini Harapan Sultan HB X

Tahun 2024 mendatang, genap 75 tahun kerja sama di bidang kebudayaan antara Belgia dan Indonesia termasuk DIY berlangsung. Bukan sekedar diplomatik, namun telah menjadi hubungan persahabatan yang memungkinkan untuk meningkatkan kerja sama di bidang selain kebudayaan.  

Liputan6.com, Yogyakarta - Tahun depan, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menatap hubungan diplomatik antara Belgia-Indonesia yang mencapai angka 75 tahun. Sultan ingin meningkatkan hubungan ini selain bidang  kebudayaan sekaligus dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat baik masyarakat DIY maupun Belgia.

“Peningkatan perkembangan sangat dimungkinkan. Tadi saya sampaikan sama beliau bagaimana hubungan yang sudah 75 tahun ini tidak sekedar antar pemerintah saja. Tapi publik atau masyarakat  juga ikut dilibatkan,” kata Sri Sultan usai menerima kunjungan Ambassador H.E. Frank Felix didampingi Economic Diplomacy Advisor Kingdom of Belgium Randolph Walter Wintgens di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Kamis (4/5/2023).

Keinginan Sultan HB X agar tidak terbatas pada dunia seni tari, tapi juga bidang lain seperti seni musik dan pertukaran antar pelajar atau IT. Sultan menekankan pentingnya dukungan dukungan masyarakat terhadap perkembangan kerja sama ini.

“Kesan bekerja sama dengan Belgia memang sangat baik. Maka itu dengan begini kan bisa didukung oleh publik supaya lebih banyak potensi untuk berkembang,” ujar Sri Sultan.

Sementara itu Frank Felix mengungkapkan kebanggaannya bisa kembali bertemu langsung dengan Sri Sultan dalam misi persahabatan berbalut diplomatik dan akan ada perayaan khusus pada peringatan ke 75 tahun Belgia-Indonesia pada tahun depan. Tercatat, sering ada pertukaran kebudayaan antara Belgia dan Indonesia khususnya DIY. Beberapa kali DIY mengirimkan beberapa misi kebudayaan ke Belgia dan begitupun sebaliknya.

“Harapannya setelah mereka berinteraksi setiap tahun, akan saling bertemu, saling kunjung dan saling kolaborasi agar semakin kuat hubungan antara warga Belgia dan Indonesia khususnya Yogyakarta," katanya.

Sang Dubes berharap khusus tahun depan DIY bisa kembali mengirimkan misi kebudayaan ke Belgia atau sebaliknya Belgia ke DIY untuk merayakan 75 tahun dan kerja sama Indonesia dan Belgia. Ia berharap akan ada peningkatan kuantitas untuk saling berinteraksi antara kedua belah pihak agar semakin mempererat hubungan Belgia Indonesia.

"Kata kunci kerja sama ini adalah friendship. Tidak hanya sebatas hubungan diplomatik tapi kami harap persahabatan ini akan berlangsung seterusnya,” kata Felix.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.