Sukses

5 Camilan Lebaran Favorit, Wajib Ada di Acara Halalbihalal

Momen kumpul tersebut pun menjadi ajang silaturahmi, saling bermaafan, hingga temu kangen. Keseruan tersebut akan semakin lengkap jika ditambah dengan aneka jajanan khas Lebaran yang menggugah selera.

Liputan6.com, Yogyakarta - Usai Ramadan, masyarakat Muslim akan meraih kemenangan di Hari Raya Idulfitri. Pada momen tersebut, saat kumpul bersama keluarga atau kerabat akan diadakan acara halalbihalal.

Momen kumpul tersebut pun menjadi ajang silaturahmi, saling bermaafan, hingga temu kangen. Keseruan tersebut akan semakin lengkap jika ditambah dengan aneka jajanan khas Lebaran yang menggugah selera.

Berikut beberapa camilan Lebaran yang selalu ada di halalbihalal:

1. Kacang Bawang

Meski terdengar sederhana, tampaknya kacang bawang menjadi salah satu jajanan yang selalu ada saat Lebaran. Kacang bawang selalu disajikan rapi di dalam toples.

Kacang goreng tersebut berpadu sempurna dengan bawang goreng. Jajanan ini sangat disukai semua kalangan karena aromanya yang menggoda.

2. Kacang mete

Jika kacang bawang merupakan sajian sederhana, maka kacang mete adalah sajian yang sedikit lebih mahal. Rasanya yang gurih dan bikin nagih membuat kacang mete menjadi salah satu camilan yang banyak dibutu saat halalbihalal.

3. Kastengel

Kastengel tentu saja menjadi salah satu kue andalan saat Lebaran. Jauh sebelum Lebaran tiba, akan banyak penjual kue yang mulai mempromosikan kue buatannya.

Bahkan, di pusat perbelanjaan juga sudah tersedia kastengel yang sudah bisa dibeli untuk stok sajian saat Lebaran. Sajian kue kering kolonial ini juga kerap tampil pada perayaan lainnya.

4. Nastar

Lebaran kurang lengkap rasanya tanpa kue nastar. Sama seperti kastengel, kue nastar juga sudah mulai banyak diburu jauh sebelum Idulfitri. Selain biasa disajikan untuk halalbihalal, baik kastengel maupun nastar juga biasa dijadikan hampers Lebaran untuk orang-orang terdekat.

5. Lidah Kucing

Masih seputar kue kering, terdapat jenis kue lainnya yang juga biasa dijadikan camilan saat Lebaran, yakni lidah kucing. Sesuai namanya, kue ini memiliki bentuk menyerupai lidah kucing dengan tekstur kue yang renyah.

(Resla Aknaita Chak)

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.