Sukses

Ketua Umum ICCA Dukung Proses Pemilihan DK-OJK dan Implementasi UU PPSK

Ketua Umum Indonesian Crypto Community Association (ICCA), Rob Raffael Kardinal, memberikan dukungan terhadap proses pemilihan DK-OJK sesuai dengan UU PPSK.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Indonesian Crypto Consumer Association atau ICCA, Rob Raffael Kardinal, memberikan dukungan terhadap proses pemilihan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK-OJK) yang dilaksanakan sesuai dengan Undang-Undang Perlindungan Sistem Keuangan (PPSK) dan mendorong implementasi UU PPSK.

ICCA mendukung agar pansel OJK harus diisi oleh orang-orang yang memiliki kompetensi di industri keuangan, seperti Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Indonesia dan juga merekomendasikan OJK untuk melibatkan pandangan dari regulator aset kripto, yaitu Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) yang berada di bawah Kementerian Perdagangan. Namun, ICCA menekankan bahwa ini hanya sebagai pelengkap pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki pansel OJK.

"Kami mengharapkan proses pemilihan pansel OJK dilakukan secara transparan dan terbuka, tanpa ada intervensi politik atau kepentingan tertentu. ICCA akan terus memperjuangkan kepentingan dan hak-hak para pelaku bisnis dan penggiat teknologi di ekosistem crypto, serta mendukung upaya pemerintah dalam menciptakan regulasi yang sesuai dengan dinamika industri ini," ujar Rob Raffael Kardinal sebagai Ketua Umum ICCA, Rabu (29/3/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Proses Pemilihan

Rob Raffael Kardinal menyoroti hadirnya Whisnutama, yang menjabat sebagai Komisioner GoTo. Diketahui GoTo merupakan pemilik Kripto Maksima, sebuah perusahaan pedagang fisik aset kripto. Menurut Rob Raffael Kardinal, hal itu berpotensi menimbulkan konflik kepentingan.

"Kehadiran Whisnutama yang merupakan Komisioner GoTo sebagai induk dari perusahaan Kripto Maksima menjadi perhatian kita bersama. Ada potensi konflik kepentingan dalam proses pemilihan pansel OJK. Kita berharap OJK dapat memastikan bahwa proses pemilihan pansel dilakukan secara transparan dan terbuka, tanpa ada intervensi politik atau kepentingan tertentu," tandas Rob Raffael Kardinal.

Indonesian Crypto Community Association (ICCA) berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam pengembangan ekosistem crypto di Indonesia, dan memastikan suara mereka didengar oleh regulator dan pemerintah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Otoritas Jasa Keuangan atau OJK adalah lembaga yang berfungsi untuk mengatur dan mengawasi seluruh kegiatan di sektor keuangan.

    OJK

  • Aset kripto digunakan sebagai investasi komoditi yang dapat diperdagangkan di bursa berjangka.

    Kripto

  • DK OJK

  • UU PPSK