Sukses

7 Makanan Khas Jawa Barat dengan Cita Rasa Lokal

Bahkan, beberapa kuliner Jawa Barat ini juga tetap mempertahankan rasa aslinya meski dipasarkan di daerah luar Jawa Barat.

Liputan6.com, Bandung - Setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas kuliner dengan rasa yang berbeda-beda, termasuk Jawa Barat. Perbedaan cita rasa yang khas ini menciptakan makanan lokal yang unik dan berbeda dengan makanan khas daerah lainnya.

Beberapa makanan khas Jawa Barat memang memiliki rasa lokal yang khas. Bahkan, beberapa kuliner Jawa Barat ini juga tetap mempertahankan rasa aslinya meski dipasarkan di daerah luar Jawa Barat.

Berikut deretan makanan khas Jawa Barat dengan cita rasa lokal yang kental:

1. Bakso Aci

Bakso aci atau yang lebih dikenal dengan baso aci adalah salah satu jajanan paling favorit dan mudah ditemui. Bakso aci memiliki cita rasa kuah yang gurih dan asam.

Bahan-bahan kuah baso aci terdiri dari air, garam, kaldu, ebi, daun jeruk, dan perasan jeruk nipis. Bahan-bahan tersebut diracik sempurna, sehinga menjadi kuah yang segar.

2. Cilok

Cilok atau aci dicolok merupakan jajanan khas Jawa Barat yang sudah tersebar di berbagai daerah. Cilok dibuat dari olahan tapioka yang kenyal dan disantap bersama bumbu pelengkap, seperti kecap, saus, dan sambal.

Cilok berbentuk bulat seperti bakso. Saking populernya, kini cilok juga tersedia dalam bentuk makanan beku yang lebih praktis dan bisa disantap kapan saja.

3. Colenak

Colenak adalah kependekan dari dicocol enak. Makanan khas Jawa Barat ini mempunyai cita rasa manis dan gurih yang berasal dari gula merah dan kelapa.

Colenak dibuat dari peuyeum sampeu atau yang lebih dikenal dengan tape singkong yang dibakar. Colenak disajikan dengan siraman unti, yaitu kelapa parut dan gula merah yang dicampur dan dimasak hingga kering.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Combro

4. Combro

Camilan tradisional dari Jawa Barat ini terbuat dari parutan singkong yang diisi dengan oncom. Bentuknya bulat memanjang dengan rasa pedas yang nendang.

Combro atau comro merupakan kependekan dari oncom di jero atau di dalam. Selain pedas, combro juga identik dengan rasa gurih yang banyak disukai.

5. Karedok

Karedok merupakan salah satu makanan khas Jawa Barat yang cukup populer. Makanan ini tergolong menyehatkan karena dibuat dari bahan utama yang terdiri dari sayur-sayuran.

Dalam seporsi karedok terdapat kacang panjang, daun kol, tauge (kecambah), kacang tanah, leunca (ranti), timun, dan daun kemangi. Aneka sayuran tersebut biasanya disajikan tanpa dimasak. Setelah dibersihkan, sayuran segar tersebut disiram dengan bumbu sambal kacang.

6. Kue Balok

Kue Balok merupakan salah satu makanan khas Jawa Barat dengan cita rasa manis dan lezat. Sesuai namanya, kue balok memiliki bentuk persegi panjang.

Kue balok memiliki isi yang padat dengan cita rasa bervariasi. Diolah dari adonan tepung terigu yang dicampur dengan bahan lainnya, adonan kue balok dimasak dalam cetakan yang mirip seperti cetakan bandros.

7. Tutug Oncom

Dalam bahasa Sunda, tutug artinya tumbuk atau aduk. Makanan khas Tasikmalaya ini terbuat dari nasi dan oncom.

Oncom digeprek menggunakan bumbu khas, seperti cikur (kencur) dan cabe rawit. Tutug oncom biasanya disantap bersama lauk pendamping lainnya, seperti tahu, tempe, dan aneka lalapan segar.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.