Sukses

5 Oleh-Oleh Khas Medan yang Legendaris, Wajib Dicoba

Kota Medan di Sumatera Utara (Sumut) terkenal juga dengan beragam kulinernya yang enak dan menggugah selera.

Liputan6.com, Medan Kota Medan di Sumatera Utara (Sumut) terkenal juga dengan beragam kulinernya yang enak dan menggugah selera. 

Ada cukup banyak dan variasi kuliner Medan yang bisa dicoba jika berkunjung ke Ibu Kota Provinsi Sumut ini.

Salah satunya adalah kuliner yang legendaris dan menjadi oleh-oleh atau buah tangan jika berkunjung ke Medan.

Berikut 5 oleh-oleh khas Medan yang legendaris dan masih hits hingga saat ini:

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Bika Ambon Zulaikha

Bika Ambon Zulaikha menjadi salah satu oleh-oleh yang wajib dibeli ketika berkunjung ke Kota Medan.

Bika Ambon Zulaikha ini terletak di Jalan Majapahit Nomor 62 Medan, namun kini juga sudah membuka beberapa cabang yang berada di beberapa lokasi di Medan.

Produk Bika Ambon Zulaikha hadir dengan cita rasa yang berbeda. Rasa tidak terlalu manis, kemudian tekstur yang lembut dan banyak celah serta lubang di tiap sisinya dengan serat-serat yang kenyal, membuatnya berbeda dengan kue pada umumnya.

Warnanya kekuningan dan permukaan yang coklat dengan tekstur yang padat.

Bika Ambon Zulaikha didirikan oleh Hj. Mairani diberi nama sesuai nama putrinya, Zulaikha. Bika Ambon Zulaikha menawarkan 2 varian rasa yaitu original dan pandan dengan ukuran besar dan kecil dengan harga mulai dari Rp 44 ribu-an.

2. Risol Gogo

Jika sedang berada atau berkunjung ke Kota Medan, Risol Gogo jangan sampai dilewatkan. Kuliner Medan yang satu ini berada di Jalan Mojopahit Nomor 53 Medan, cocok dijadikan untuk oleh-oleh karena kelezatannya.

Risol Gogo menawarkan panganan risol dengan isian daging ayam dan sayuran dengan cita rasa lezat. Harganya pun sangat terjangkau hanya Rp 2.500 per buahnya.

Jika ingin menjadikannya oleh-oleh, Anda juga bisa membelinya dalam keadaan mentah atau setengah matang yang kemudian bisa digoreng sendiri ketika sampai di rumah.

3 dari 4 halaman

3. Teri Bajak

Teri Bajak merupakan oleh-oleh khas Kota Medan yang menawarkan menu olahan dari Teri Medan yang cukup legendaris. Outlet Teri Bajak saat ini hanya ada di Bajak V, Gang Sejahterah, Nomor 50B Kota Medan.

Teri Bajak menawarkan produk dari teri nasi atau teri medan dengan berbagai pilihan, di antaranya teri Medan dengan sambal merah atau sambal rawit, teri Medan dengan sambal merah atau rawit plus kacang.

Teri Bajak Medan menghadirkan teri Medan mentah atau yang belum diolah. Teri Bajak Medan juga ada di Bandara Kualanamu dan di Jalan Kruing Medan.

4. Bolu Meranti

Nama Bolu Meranti sudah tidak asing lagi bagi penikmat kuliner Medan. Bolu Meranti merupakan oleh-oleh khas Medan yang sudah sangat dikenal banyak orang.

Bolu Meranti mirip dengan bolu gulung yang dijual di pasaran, namun namanya sudah tersohor karena cita rasanya yang sangat khas. Kini lokasi Bolu Meranti ada di beberapa tempat seperti di Jalan Sisingamangaraja, Jalan Kruing Medan, Jalan Ringroad, Medan.

Ada beberapa variasi bolu gulung yang bisa didapatkan di Bolu Meranti. Tak hanya itu, ada juga beberapa produk makanan lainnya yang bisa didapatkan di Bolu Meranti.

4 dari 4 halaman

5. Sirup Markisa

Sirup Markisa juga salah satu oleh-oleh khas Kota Medan. Ada beberapa tempat yang menjual produk Sirup Markisa, salah satunya di Markisa Noerlen yang berada di Jalan Sei Tuan Nomor 7 Medan.

Markisa Noerlen dirintis dari tahun 1985 oleh Hajjah Noerlen. Awalnya produk markisa ini menggunakan nama Markisa Asli Family.

Setelah peninggalan Hajjah Noerlen, diganti menjadi Markisa Noerlen dan bisnis rumahan ini pun dikembangkan oleh anaknya.

Proses pembuatan Sirup Markisa Noerlen menggunakan peralatan sederhana, yang sampai sekarang cara itu tetap dipertahankan sebagai tradisi keluarga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.