Sukses

11 Oleh-Oleh Khas Magelang, Kota yang Masuk Pusaran Kasus Sambo

Berikut rekomendasi oleh-oleh khas Magelang

Liputan6.com, Magelang - Kota Magelang semakin ramai diperbincangkan sejak menjadi kota yang masuk pusaran kasus Ferdy Sambo. Kota Magelang memiliki banyak destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi.

Bagi kamu yang sedang berwisata ke kota sejuta bunga ini, tak akan lengkap jika tak membawa buah tangan khas kota ini. Berikut rekomendasi oleh-oleh khas Magelang:

1. Getuk trio

Getuk trio merupakan salah satu oleh-oleh khas Magelang yang cukup terkenal. Getuk ini terbuat dari singkong yang diolah secara khusus sehingga menghasilnya tekstur yang lembut dan pulen dengan cita rasa manis dan lebih legit.

Getuk trio bisa ditemukan di beberapa toko pusat oleh-oleh, seperti Getuk Trio, Getuk Marem, Getuk Eco, Getuk Sarinah, Getuk Trio Aroma, Getuk Millenium, dan Getuk Trio Rasa. Seperti namanya, 'trio' yang berarti tiga, jajanan ini juga dikenal dengan sebutan tiga warna karena memiliki lapisan warna yang berbeda, yakni merah muda, putih, dan cokelat.

2. Getuk bolen

Selain getuk trio, ada pula getuk bolen yang tak kalah populer. Kudapan ini sama-sama terbuat dari singkong, tapi dibungkus dengan puff pastry. 

Bentuknya yang menyerupai bolen pisang, membuat makanan ini lebih dikenal dengan sebutan getuk bolen.

3. Gula kacang atau ampyang

Jika kamu dan keluarga di rumah menyukai cemilan manis, gula kacang atau ampyang bisa menjadi pilihan untuk oleh-oleh. Kudapan ini terbuat dari gula merah yang ditambahkan dengan kacang tanah.

Teksturnya yang kering, membuat gula kacang cocok dijadikan oleh-oleh karena cenderung lebih tahan lama. Bahkan, bisa bertahan hingga beberapa minggu.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Wajik

4. Wajik

Wajik dari Magelang cukup terkenal karena teksturnya yang lembut dengan cita rasa manis legit. Meski merupakan kue basah, tapi kudapan ini cukup tahan lama, sehingga cocok dibawa untuk oleh-oleh.

Tak sulit menemukan wajik di Magelang, bahkan hampir di semua toko oleh-oleh menjual jajanan ini. Salah satu produksi wajik yang terkenal yaitu Wajik Week, yang konon sudah beroperasi sejak puluhan tahun lalu.

5. Pothil

Pothil dapat menjadi pilihan jika kamu ingin membawa camilan yang renyah untuk dijadikan oleh-oleh. Camilan ini terbuat dari singkong yang dihaluskan, lalu diadon dan digoreng hingga kering.

Jajanan ini berbentuk bulat seperti cincin. Rasa dari pothil cenderung gurih dengan tekstur yang renyah.

6. Tape ketan

Tape ketan bisa menjadi salah satu pilihan oleh-oleh yang cukup awet dan tahan lama. Tape ketan dari Magelang terkenal dengan rasanya yang manis, tekstur sedikit keras, serta mengandung banyak air.

Tak hanya disantap secara langsung, jajanan jadul ini juga bisa dinikmati dengan mengolahnya menjadi sajian lain, misalnya wedang tape atau puding.

7. Slondok

Slondok adalah makanan ringan seperti kerupuk yang terbuat dari singkong atau ketela dengan rasa yang gurih dan tekstur yang renyah. Umumnya, slondok dikreasikan dengan berbagai bumbu tabur, seperti keju, balado, atau barbeque.

Camilan ini banyak dijual di toko oleh-oleh atau pasar tradisional di Magelang. Selain awet, cemilan ini juga cukup terjangkau.

 

3 dari 5 halaman

Puyur

8. Puyur

Selain slondok, cemilan lain dengan bahan dasar singkong yang bisa kamu jadikan pilihan oleh-oleh adalah puyur. Sama seperti slondok, puyur juga memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang gurih.

Perbedaan puyur dan slondok terletak pada bentuk dan proses pembuatannya. Umumnya, slondok melalui proses pengukusan sebelum dikeringkan dan digoreng, sementara puyur hanya dipres untuk menghilangkan airnya, lalu dijemur dan digoreng hingga renyah.  

9. Grubi

Magelang memiliki banyak kreasi camilan dari ubi yang menarik untuk dicoba, salah satunya adalah grubi. Grubi adalah makanan ringan dari ubi jalar yang berbentuk bulat dan berbalut gula merah.

Cita rasanya manis serta memiliki tekstur yang renyah. Grubi sangat cocok dijadikan oleh-oleh untuk keluarga atau kerabat.

10. Jenang

Jenang adalah kue tradisional yang terbuat dari beras ketan dengan rasa yang legit dan tekstur yang liat. Beberapa masyarakat juga mengenalnya dengan sebutan dodol.

Jajanan ini bisa dijumpai dengan mudah di toko oleh-oleh atau pasar tradisional Magelang. Karena cukup tahan lama, kue ini bisa dibawa sebagai buah tangan.

 

4 dari 5 halaman

Krasikan

11. Krasikan

Krasikan biasa disajikan bersama dengan jenang. Kue tradisional ini sama-sama terbuat dari beras ketan, tetapi krasikan memiliki tekstur yang lebih berpasir dan tampak berbintik.

12. Permen Tape

Mulanya, permen tape hanya disajikan saat Lebaran. Namun, lambat laun camilan ini pun juga bisa dijadikan pilihan untuk buah tangan.

Sesuai namanya, permen ini terbuat dari tape singkong yang diolah dengan tambahan parutan kelapa dan gula. Karena terbuat dari tape, rasa permen ini cukup unik, yakni manis tapi sedikit asam.

13. Unthuk cacing

Oleh-oleh yang satu ini disebut unthuk cacing karena bentuknya yang bulat melingkar seperti cacing. Teksturnya renyah dengan cita rasa gurih dan manis. 

Bahan pembuatannya yaitu tepung ketan, telur, dan margarin. Karena cukup tahan lama, kamu bisa membawa camilan ini untuk buah tangan.

14. Keripik getuk

Selain disantap dalam keadaan basah, getuk juga bisa dinikmati dalam keadaan kering, yakni berbentuk keripik. Cara pembuatan makanan ini cukup mudah, getuk diiris tipis-tipis lalu dijemur hingga kering, kemudian digoreng.

Teksturnya yang renyah dan bercita rasa gurih membuat keripik getuk cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Menariknya, daya tahan keripik getuk cukup lama, hingga beberapa minggu.

 

5 dari 5 halaman

Tahu Gundul

15. Tahu gundul

Tahu Gundul terbuat dari tahu berbentuk bulat yang digoreng kering, sehingga memiliki tekstur yang renyah. Cita rasanya yang gurih dan punya daya tahan lama, membuat camilan ini cocok dijadikan oleh-oleh saat pulang dari Magelang.

16. Buntil

Buntil adalah makanan tradisonal khas Magelang berbahan dasar daun talas. Umumnya, buntul berisi campuran daun talas, ikan asin, udang, petai, dan parutan kelapa.

Makanan ini dapat dengan mudah ditemukan di pasar tradisional Magelang. Meski termasuk lauk basah, buntil tetap bisa menjadi oleh-oleh bagi kamu yang tidak membutuhkan perjalanan pulang yang lama.

17. Sate pisang

Sate pisang merupakan salah satu kudapan yang populer di Magelang. Jika dibandingkan dengan oleh-oleh makanan lainnya, sate ini mungkin lebih cepat basi. 

Namun, kamu masih bisa membawanya untuk oleh-oleh jika perjalanan pulangmu tidak membutuhkan waktu yang lama. Kamu bisa membeli sate pisang ini di warung Ronde Miroso yang legendaris.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.