Sukses

Hujan Deras, Banjir Kembali Melanda Galugua Limapuluh Kota

Awal tahun ini Galugua sudah dilanda banjir sebanyak dua kali.

Liputan6.com, Padang - Hujan deras yang melanda sejak pagi mengakibatkan banjir kembali melanda dua jorong (dusun) di Nagari Galugua Kecamatan Kapur IX Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat pada Senin (10/1/2022).

Sebelumnya, pada 1 Januari 2022 banjir juga melanda daerah tersebut, ketika itu ketinggian air mencapai dua meter dan akses jalan putus total.

Manager Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Limapuluh Kota, Rahmadinol mengatakan banjir disebabkan oleh meluapnya Sungai Batang Kampar setelah hujan deras melanda.

"Iya banjir namun sudah surut karena hujan telah reda," katanya kepada Liputan6.com, Senin (10/1/2022).

Ia menyebut banjir mengakibatkan terendamnya belasan rumah, dua bangunan masjid, serta satu puskesmas. Ketinggian air mencapai 30 hingga 70 sentimeter.

"Masyarakat yang terdampak membutuhkan sembako," ujarnya.

Kemudian ia menyampaikan kepada masyarakat, agar meningkatkan kewaspadaan mengingat potensi hujan yang masih terjadi.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Minangkabau merilis potensi hujan masih terjadi hingga tiga hari ke depan di sebagian besar wilayah Sumbar.

Sejumlah daerah tersebut di antaranya, Kabupaten Pasaman Barat, Agam, Bukittinggi, Padang Panjang, Limapuluh Kota, Kota Solok, Pariaman.

Kemudian Padang Pariaman, Pesisir Selatan, dan Solok Selatan, Pasaman, Payakumbuh, Padang, dan Kabupaten Solok. Pihak BMKG juga menyampaikan kepada masyarakat agar mewaspadi potensi bencana seperti banjir dan longsor.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.