Sukses

5 Sajian Rumah Makan Padang yang Wajib Dicoba

Ranah Minang tak pernah ingkar janji soal cita rasa kulinernya.

Liputan6.com, Padang - Mencicipi kuliner Sumatera Barat adalah hal wajib yang harus dijajal ketika berkunjung ke Ranah Minang. Beragam sajian kuliner akan sangat mudah ditemui hampir di seluruh wilayah ini.

Rumah makan akan tersedia di setiap sudut jalan, meski taka ada merek 'rumah makan Padang'. Namun seluruh rumah makan, rata-rata menyajikan kuliner khas Minang.

Apa saja sajian kuliner yang harus Anda icip ketika berkunjung ke rumah makan Padang untuk memanjakan perut? berikut Liputan6.com rangkum untuk Anda:

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Randang

Hampir di seluruh rumah makan, menu ini tersusun rapi di etalase rumah makan. Makanan terenak nomor satu di dunia versi CNN ini wajib dicicip karena rasanya lebih otentik ketika dinikmati di Ranah Minang.

Menyantapnya langsung di daerah kuliner ini berasal, tentu akan memberikan sensasi yang berbeda. Cita rasa khas randang berpadu dengan suasana Minangkabau dijamin membuat Anda akan mengatakan, tambuah ciek da.

3 dari 6 halaman

Dendeng

Sajian selanjutnya yang wajib menjadi pilihan adalah dendeng. Meski menu ini tidak asing lagi di telinga, namun rasanyanya yang khas tetap akan memanjakan mulut ketika berada di rumah makan Padang.

Dendengan adalah olahan dari daging sapi yang diiris tipis. Dendeng di Ranah Minang juga memiliki banyak varian, seperi dendeng batokok, dendeng balado dan dendeng lambok.

Jika Anda penasaran, silahkan langsung datang ke rumah makan Padang dan rasakan sendiri sensasinya.

4 dari 6 halaman

Asam Padeh

Asam padeh juga menjadi salah satu kuliner menarik jika Anda sedang tidak ingin mengonsumsi daging sapi. Biasanya, di rumah makan Padang, yang diasam padeh adalah ikah laut.

Asam padeh sama artinya dengan asam pedas, ini salah satu kuliner yang tidak memakai santan dalam proses memasaknya.

Jadi jika Anda sedang menghindari santan namun tetap makan nikmat, asam padeh adalah salah satu pilihan.

5 dari 6 halaman

Sambalado

Nah yang satu ini tidak boleh absen, sambalado akan menambah nikmatnya makan di rumah makan Padang. Sambalado biasanya diberikan secara gratis oleh pihak rumah makan.

Di Minang, sambalado juga beragam, mulai dari sambalado jariang (jengkol), sambalado hijau dan sambalado yang diberi campuran ikan asin.

6 dari 6 halaman

Tambusu

Tambusu adalah usus sapi yang diisi dengan telur urak-arik dan santan. Sajian ini menawarkan kombinasi lezat antara tekstur kenyal usus dengan isian telurnya yang lembut, cita rasa yang akan melekat lama di ingatan.

Jangan tanya lagi bagaimana kenikmatannya, bahkan tak bisa diungkapkan dengan kata-kata, lamak bana. Apalagi dinikmati langsung langsung dari tempat asalnya.

Itulah lima rekomendasi Liputan6.com ketika Anda sedang berada di Ranah Minang atau datang ke rumah makan Padang.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.