Sukses

Longsor di Majalengka, Akses Jalan ke Tiga Kabupaten Terputus

Petugas di lokasi menerapkan sistem buka tutup bagi kendaraan yang hendak melintasi ruas jalan provinsi yang longsor karena curah hujan tinggi

Liputan6.com, Majalengka Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Majalengka mengakibatkan longsor di Desa Cimeong Kecamatan Banjaran.

Ruas jalan Majalengka-Cikijing tersebut terlihat ambles lantaran terbawa longsoran tanah. Sementara, arus lalu lintas menjadi terhambat akibat longsor itu.

Sejumlah kendaraan baik dari arah Cikijing maupun Majalengka tidak bisa dilalui akibat bahu jalan yang terkena longsor. Baik kendaraan roda dua maupun roda empat.

Selain terkena longsor, kondisi jalan juga terhambat karena pohon besar yang nyaris tumbang.

"Kondisinya ada tebing setinggi 25 meter yang longsor dan menutupi saluran air, hingga air naik ke permukaan jalan. Akibatnya sisi jalan sebelah kanan longsor dan menggerus pondasi jalan tersebut," kata Kasi Kedaruratan BPDB Majalengka Rezza Permana, Kamis (9/12/2021).

Petugas di lokasi menerapkan sistem buka tutup bagi kendaraan yang hendak melintasi ruas jalan provinsi itu. Reza menyebutkan, longsor terjadi pada Rabu malam pukul 19.00 WIB.

Dia menyebutkan, longsor yang terjadi di tebing tepat berada pada kiri jalan. Kondisi tersebut membuat saluran air tertutup akibatnya hingga terjadi longsor di ruas jalan Majalengka.

"Sekarang sedang membuka saluran air yang tertutup. Kemudian kita coba menambal sisi jalan yang sudah ambles dengan tanah," ujar dia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Akses Tiga Kabupaten

Diketahui, longsor tersebut menutup jalan penghubung ke tiga kabupaten. Yakni Kabupaten Majalengka, Kuningan dan Ciamis.

Petugas Polres Majalengka yang datang ke lokasi , langsung melakukan pemasangan rambu lalu lintas /dan mengatur antrian kendaraan.

Kapolres majalengka, AKBP edwin afandi, saat ini petugas melakukan buka tutup jalan bagi kendaraan yang melintasi.

"Saat ini anggota sedang melakukan buka tutup kendaraan di sekitar lokasi kejadian," ujarnya saat meninjau lokasi.

Dia mengatakan, jajaran Polres Majalengka akan bekerja sama dengan pihak jajaran Polres Kabupaten Kuningan untuk melakukan pengalihan kendaraan besar.

Rencananya, kata dia, kendaraan bermuatan besar akan di alihkan ke Kabupaten Kuningan melalui jalan Cikijing.

Pada kesempatan tersebut, Polres Majalengka mengimbau kepada pengguna jalan agar tetap berhati-hati saat melintas jalan yang terkena longsor tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.