Sukses

Bantuan Warga Jabar untuk Korban Erupsi Gunung Semeru

Liputan6.com, Bandung - Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) menyalurkan bantuan barang dan uang tunai senilai Rp2 miliar untuk warga terdampak bencana erupsi Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang. Bantuan yang dikirimkan sejak Rabu (8/12/2021) malam ini berasal dari berbagai elemen masyarakat Jawa Barat.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menuturkan, sebesar Rp900 juta sudah dipergunakan untuk dibelikan keperluan mendesak dan Rp1,1 miliar dalam bentuk uang yang penyalurannya dibantu Lazis Muhammadiyah. 

"Alhamdulillah, terkumpul Rp2 miliar, sudah dikirimkan, sudah dibelanjakan Rp900 juta untuk barang-barang kebutuhan yang mendesak supaya nanti karena mungkin susah mencari kebutuhan tersebut, kita belanjakan di sini. Sebanyak Rp1,1 miliar dalam bentuk uang yang nanti akan dikerjasamakan penyalurannya oleh Lazis Muhammadiyah," tutur Emil, sapaan Ridwan Kamil.

Selain bantuan materil, Pemprov Jabar juga telah mengirimkan 180 relawan berkeahlian dari Jabar Quick Response dan saat ini sudah bekerja di lokasi pengungsi. Disusul 24 relawan untuk gelombang kedua. 

"Teriring salam doa dari kami semua, dari tanah Jabar, semua memantau dengan rasa prihatin dan juga rasa ingin membantu malam ini kami mengirimkan senilai Rp2 miliar untuk pengungsi, kebetulan bekerja sama berbagai pihak, utama nya dengan Lazis Muhammadiyah," ujar mantan Wali Kota Bandung itu.

Emil mengatakan, Pemprov Jabar siap terus menyalurkan bantuan untuk Kabupaten Lumajang, dan akan terus membantu para korban bencana juga akan terus memberikan dukungan 

"Intinya kami membersamai dalam doa dalam bantuan nyata. Jika ada apa-apa kontak Pemda Provinsi Jabar saja, Insya Allah semua warga Jabar menyayangi warga Lumajang jadi kami bantu sampai nanti tahap rekonstruksi," ungkapnya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini