Sukses

Pariwisata Segera Dibuka, Para Pramuwisata Bukit Lawang Siap Sambut Wisatawan

Seiring mulai membaiknya situasi pandemi Covid-19 di berbagai daerah di Indonesia, pemerintah mulai melonggarkan kebijakan mengenai pembatasan kegiatan masyarakat.

Liputan6.com, Langkat Seiring mulai membaiknya situasi pandemi Covid-19 di berbagai daerah di Indonesia, pemerintah mulai melonggarkan kebijakan mengenai pembatasan kegiatan masyarakat.

Hal itu menjadi sebuah harapan bagi masyarakat, terutama yang menggantungkan pendapatan ekonomi dari bisnis pelayanan jasa seperti di sektor pariwisata.

Para pelaku pariwisata di berbagai daerah berharap industri pariwisata benar-benar segera dapat dibuka kembali seutuhnya. Seperti halnya para pelaku pariwisata di objek wisata Bukit Lawang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut).

Ketua Himpuman Pramuwisata Indonesia (HPI) Bukit Lawang, Amrin mengatakan, ia dan para pelaku wisata Bukit Lawang berharap realisasi pembukaan kembali pariwisata bisa segera dilakukan.

Harapan itu diperkuat dengan informasi dari pemerintah daerah setempat, melalui Dinas Pariwisata yang menyampaikan rencana pembukaan kembali objek wisata Bukit Lawang dalam beberapa waktu ke depan.

"Pihak Dinas Pariwisata Langkat sudah menginformasikan objek wisata Bukit Lawang akan segera dibuka kembali secara utuh, sesuai protokol kesehatan. Tapi kapan waktunya belum bisa ditentukan," kata Amrin saat ditemui di Bukit Lawang, Minggu (3/10/2021).

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peningkatan Kualitas Pariwisata

Amrin juga menuturkan, para pelaku pariwisata di Bukit Lawang beserta masyarakat sejak beberapa waktu lalu hingga saat ini terus berupaya melakukan peningkatan kualitas pariwisata, baik dari segi fisik maupun pelayanan yang akan diberikan kepada para wisatawan.

"Selain melakukan pembenahan dari segi fisik, kami juga menyolidkan diri satu sama lain para pelaku pariwisata untuk bersiap menyamput wisatawan ketika wisata kembali dibuka," ungkapnya.

Tidak hanya kepada wisatawan, pihaknya dan beberapa pelaku wisata lain juga membuka diri kepada para pelajar maupun mahasiswa untuk melakukan studi di Bukit Lawang, guna meningkatkan kualitas di antara kedua pihak.

"Kami tentu masih perlu banyak menimba ilmu untuk meningkatkan pengelolaan yang baik terhadap Bukit Lawang ini. Selama ini, sebagian besar dari kami belajar secara otodidak," sebutnya.

3 dari 3 halaman

Harapkan Bantuan Pemerintah

Amrin juga berharap kepada pemerintah adanya bantuan, terutama terkait pengadaan peralatan yang memadai guna menunjang kegiatan pariwisata di Bukit Lawang dalam hal keselamatan.

"Selain mengandalkan SDM-nya, kita juga perlu peralatan seperti halnya perahu karet untuk melakukan pemyelamatan atau evakuasi bila sewaktu-waktu terjadi hal yang tak diinginkan, mengingat banyak aktivitas yang memiliki risiko," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.