Sukses

Ma'ruf Amin Sabuik Media Punyo Peran Penting Berantas Hoaks dan Disinformasi

Media punyo peran penting berantas hoaks.

Liputan6.com, Padang - Wakil Presiden, Ma'ruf Amin manyabuik kalau media berperan penting dalam manyampaian kritik dan maluruihan disinformasi serta hoaks yang baredar di tangah masyarakat.

Talabiah katiko situasi pandemi Covid-19 kini ko, Ma'ruf mangatoan media bisa jadi rujukan masyarakat untuak mandapekan informasi nan valid terkait pandemi.

"Peran media juga sangaik krusial dalam manyampaian kritik nan mambangun terhadap pelaksanaan kebijakan pemerintah, baitu pulo dalam malakuan cek fakta di lapangan atas hoaks maupun disinformasi nan ado," kecek Ma'ruf dikutip dari Antara, Minggu (25/7/2021).

Ma'ruf menambahan, jurnalis juga harus manjadi ujuang tombak dalam manyampaian informasi penting kapado masyarakat tentang penanganan Covid-19.

"Mulai dari edukasi pentingnyo disiplin protokol kesehatan, perkembangan Covid-19, pelaksanaan PPKM, pelaksanaan vaksinasi sampai dukuangan pelayanan kesehatan maupun pemberitaan peristiwa lainnyo," kecek wakil presiden.

Ma'ruf mangapresiasi pekerja media nan taruih manerapkan etika profesi kewartawanan dalam manyampaian berita kapado masyarakat.

Caro pemberitaan berbasis kode etik jurnalistik itu diarokkan taruih dipertahankan demi persatuan bangsa jo kecerdasan masyarakat.

"Saya sangat mengapresiasi rekan-rekan media nan taruih manerapkan kode etik jurnalistik dalam melakukan pemberitaan dengan baik, objektif, berimbang, benar, dan bertanggung jawab," tutup Ma'ruf.

Artikel dalam bahasa Padang ini bagian dari program Liputan6.com melawan hoaks. 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Malawan hoaks samo jo malawan pembodohan. Untuk itulah kami mambuek Kanal Cek Fakta Liputan6.com 2018 lalu, dan sampai kini kami aktif maagiah literasi media ka masyarakat.

Sajak 2 Juli 2021, Cek Fakta Liputan6.com bagabuang dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook.

Kami jadi bagian dari insiatif cekfakta.com, bakarajo samo jo pihak manopun, tapi indak mampangaruhi indepedensi kami.

Kok uda/uni atau masyarakat yang punyo informasi saputa hoaks yang nio manalusuri jo diverifikasi, buliah manyampaian di email sekfakta.liputan6@kly.id.

Nio capek dapek jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan iko.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.