Sukses

Ma'ruf Amin Sebut Media Punya Penting Berantas Hoaks dan Disinformasi

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden, Ma'ruf Amin menyebut bahwa media berperan penting dalam penyampaian kritik serta meluruskan disinformasi dan hoaks yang beredar di tengah masyarakat. 

Terlebih, menurut Ma'ruf, saat situasi pandemi virus corona Covid-19. Ma'ruf mengatakan, media bisa menjadi rujukan masyarakat untuk mendapatkan informasi valid terkait pandemi.

"Peran media juga sangat krusial dalam menyampaikan kritik yang membangun terhadap pelaksanaan kebijakan pemerintah, sekaligus dalam melakukan cek fakta di lapangan atas hoaks maupun disinformasi yang ada," kata Ma'ruf dikutip dari Antara, Minggu (25/7/2021).

Ma'ruf menambahkan, jurnalis juga harus menjadi ujung tombak dalam menyampaikan informasi penting kepada masyarakat tentang penanganan Covid-19.

"Mulai dari edukasi mengenai pentingnya disiplin terhadap protokol kesehatan, perkembangan Covid-19, pelaksanaan PPKM, pelaksanaan vaksinasi hingga dukungan pelayanan kesehatan maupun pemberitaan peristiwa lainnya," tambah dia.

Ma'ruf mengapresiasi pekerja media yang selalu menerapkan etika profesi kewartawanan dalam menyampaikan berita kepada masyarakat. Ia berharap, cara pemberitaan berbasis kode etik jurnalistik tersebut terus dipertahankan demi persatuan bangsa dan kecerdasan masyarakat.

"Saya sangat mengapresiasi rekan-rekan media yang selalu menerapkan kode etik jurnalistik dalam melakukan pemberitaan dengan baik, objektif, berimbang, benar, dan bertanggung jawab," tutup Ma'ruf.

 

2 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: