Sukses

Baru Diresmikan Ridwan Kamil, Mari Melihat Megahnya Alun-Alun Majalengka

Alun-Alun Majalengka sudah selesai direvitalisasi.

Liputan6.com, Bandung - Alun-Alun Majalengka sudah selesai direvitalisasi. Pembangunan ruang publik ini menggunakan anggaran bantuan keuangan Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebesar Rp18 miliar. Gubernur Jabar Ridwan Kamil pun telah meresmikannya pada Rabu (21/4/2021).

"Secara resmi revitalisasi Alun-Alun Majalengka senilai Rp18 miliar yang selama dua tahun kita kerjakan resmi dibuka," kata Emil, sapaan Ridwan Kamil, dalam acara peresmian.

Emil pun meminta kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan Alun-Alun yang berada tepat di depan Kantor Bupati Majalengka ini. Selain itu, ia mengajak masyarakat untuk meramaikan ruang publik tersebut. Salah satunya membuat kegiatan-kegiatan positif dan produktif dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. 

"Alun-Alun definisinya adalah ruang paling demokratis. Semua orang boleh datang berinteraksi dengan mengikuti aturan yang ada, apalagi punya Jatiwangi Art Factory. Silakan berekspresi di sini, tapi tetap disiplin prokes karena masih pandemi," ujarnya.

Alun-Alun Majalengka saat ini tampak lebih segar dan memesona dengan dominasi warna khas terakota. Di depan Masjid Al-Imam atau bagian barat alun-alun, terhampar rumput sintetis. 

Tribun penonton dan tempat berkumpul masyarakat ada di bagian timur alun-alun. Di bagian tengah, ada air mancur yang membuat alun-alun tampak lebih indah dan menarik. 

"Ini akan membedakan alun-alun dengan tempat lain karena di sini ada roh atau jiwa yaitu budaya tanah yang akan menjadi khas terakota dan lainnya," ungkap Emil.

Menurut Emil, pedagang kaki lima di sekitar Alun-Alun Majalengka pun difasilitasi dengan menghadirkan gerai di lokasi strategis. Kemudian, ada perpustakaan yang representatif. 

"PKL diwadahi karena ini adalah contoh inklusivitas ekonomi. Antusiasme masyarakat akan luar biasa, maka tolong dimonitor, buat tim khusus pengawas alun-alun, saya harap semua menghargai karena kondisi sekarang sedang kurang kondusif," tuturnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

One Day One Juz

Bupati Majalengka Karna Sobahi menyatakan kehadiran wajah baru Alun-Alun Majalengka akan memfasilitasi warga untuk berekspresi. Selain sisi hiburan, komunitas One Day One Juz juga sudah akan beraktivitas di alun-alun.

"Kehadiran alun-alun ini tentu akan memfasilitasi warga berekspresi, hiburan, area diskusi bahkan ada kelompok ODOJ di rumput sintetis ini," katanya.

Rencananya, di area rumput sintetis akan digelar salat Idulfitri 2021. Karna mengatakan, pihaknya sedang menyusun protokol kesehatan untuk pelaksanaan salat hari raya tersebut.

"Nanti akan dicoba salat Idulfitri di sini dengan prokes tentunya yang diatur sedemikian rupa supaya dirasakan oleh rakyat indahnya alun-alun ini," katanya. 

Ruang publik yang berada di jantung kota Majalengka ini diharapkan dapat meningkatkan Indeks Kebahagiaan Masyarakat. Selain itu, fasilitas alun-alun ramah untuk penyandang disabilitas.

"Apalagi kalau malam hari semua lampu hidup dan berkelip seperti di Madinah," ucap Karna.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.