Sukses

Upaya Meningkatkan dan Menggali Potensi Pariwisata Kepulauan Seribu

Liputan6.com, Jakarta Pandemi Covid-19 belum usai. Imbasnya pun masih terasa, salah satunya di sektor pariwisata. Segala upaya terus dilakukan pihak pemerintah maupun swasta. Tidak terkecuali sektor wisata di Kepulauan Seribu.

Pemkab Kepulauan Seribu pun terus berbenah untuk menarik minat wisatawan. Namun dengan catatan wisata aman dan protokol kesehatan yang ketat di masa pandemi. Selain mempercantik sejumlah pulau-pulau, Pemkab juga meminta masyarakat menggandeng pihak swasta.

Langkah ini selaras dengan upaya Pemkab Kepulauan Seribu yang melakukan beragam upaya dan terobosan kreatif guna meningkatkan kualitas dan fasilitas wisata dengan cara mempercantik obyek-obyek wisata yang tersedia agar dapat dijadikan destinasi favorit wisatawan.

Bupati Kepulauan Seribu Junaidi menilai adanya kerja sama mitra akan mendongkrak kunjungan masyarakat ke kawasan Kepulauan Seribu. Dengan demikian, ekonomi masyarakat terbantu seiring perputaran uang di sana.

"Kami membuka kesempatan kepada masyarakat maupun pihak swasta berkolaborasi dan bekerjasama untuk menambah destinasi-destinasi wisata potensial yang ada di Kepulauan Seribu, salah satunya dengan menyelenggarakan dengar pendapat dan diskusi bersama jajaran dinas terkait di kantor perwakilan pemerintah kabupaten kepulauan," ujar Junaidi di gedung Mitra Praja Sunter, Jakarta Utara, bersama PT Paramitra 1000 Wisata, Senin (12/4/2021).

Dia menyambut rencana PT Paramitra 1000 Wisata untuk berpartisipasi mengembangkan pariwisata Kepulauan Seribu dan membangun kerja sama serta berkolaborasi dengan Pemkab Kepulauan Seribu dalam rangka menambah destinasi-destinasi pulau tujuan wisata baru.

Senada dengan Bupati, Asminekbang Pemkab Pulau Seribu Iwan Samosir menekankan, ada aturan-aturan dan kewajiban-kewajiban kepada pemerintah yang harus dijalankan oleh PT Paramitra 1000 Wisata di saat menyusun skema kerja sama kepada pemerintah kabupaten maupun Pokdarwis setempat. Mengingat pulau-pulau di wilayah Kepulauan Seribu merupakan aset daerah milik pemerintah.

Direktur Utama PT Paramitra 1000 Wisata Nana Suryana yang didampingi direksi dan investor memaparkan visi misi dan maksud tujuannya serta bentuk peran aktif guna mendukung Pemkab Kepulauan Seribu meningkatkan kualitas dan fasilitas wisata yang sudah ada maupun membangun dan menyediakan sarana fasilitas wisata baru untuk dikembangkan di gugusan Kepulauan Seribu.

Dengan menggandeng Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat, Paramitra 1000 Wisata sedang melakukan penjajakan kerja sama penyelenggaraan maupun pengembangan dan pengelolaan usaha wisata dengan Pokdarwis Kelapa Tunggal, Kelurahan Pulau Kelapa, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara guna menggarap potensi-potensi wisata di Pulau Kelapa.

"Saat ini, kami sudah menerima dan sedang mempelajari konsep usaha wisata yang diajukan Pokdarwis Kelapa Tunggal untuk dikolaborasikan dengan konsep kami dan disinergikan dengan konsep yang sudah dibuat oleh Pemkab Kepulauan Seribu," ujar Nana.

Dia berterima kasih kepada Bupati Kepulauan Seribu beserta SKPD/UKPD terkait yang sudah memberikan kesempatan kepadanya untuk memaparkan itu. "Tujuan kami mendapatkan saran maupun petunjuk teknis agar dapat kami wujudkan peran aktif kami mengembangkan pariwisata Kepulauan Seribu," katanya.

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: