Sukses

Temuan Bangkai Paus Pilot dengan Tubuh Penuh Luka di Perairan Nangahure Sikka

Liputan6.com, Sikka - Seorang nelayan asal Kampung Wuring bernama Labaco (45), menemukan bangkai paus pilot bersirip pendek di perairan Nangahure, Kabupaten Sikka, Jumat sore (2/10/2020), sekitar pukul 14.00 Wita.

Labaco mengaku menemukan bangkai paus tersebut saat sedang memancing. Ia tiba-tiba melihat ikan besar mengapung di permukaan air.

Karena penasaran, Labaco mendekatinya dan didapati bangkai paus pilot yang sudah tak bernyawa lagi. Dengan ikatan tali di perahu, ia menarik bangkai paus pilot hingga ke pantai.

Paus berwarna hitam tersebut memiliki berat satu ton, panjang 4,5 meter, lebar 110 sentimeter, sirip atas 81 sentimeter, sirip bawah 76 sentimeter, sirip ekor 140 sentimeter. Sejauh ini belum ada keterangan mengenai penyebab kematian paus berjenis pilot sirip pendek tersebut.

Pantauan wartawan, petugas dari Polres Sikka dan anggota Pos Pol Air Mobile Sikka sudah berada di lokasi keberadaan paus tersebut.

Bangkai paus pilot tersebut kemudian dievakuasi ke kantor BKSDA, Jalan Balitbang, Kelurahan Kota Uneng, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka dan diidentifikasi oleh tim BKSDA untuk mengetahui penyebab kematian paus. Identifikasi dan penguburan paus tersebut dilakukan pada Sabtu, 3 Oktober 2020.

2 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini: