Sukses

Lagi, Dokter di Medan Gugur Terpapar Virus Corona COVID-19

Suasana duka kembali mewarnai tenaga medis di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut). Seorang dokter senior ahli spesialis bedah, dr Ahmad Rasyidi Siregar SpB, meninggal dunia akibat terpapar virus Corona COVID-19.

Liputan6.com, Medan Suasana duka kembali mewarnai tenaga medis di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut). Seorang dokter senior ahli spesialis bedah, dr Ahmad Rasyidi Siregar SpB, meninggal dunia akibat terpapar virus Corona COVID-19.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) cabang Medan, dr Wijaya Juwarna Sp-THT-KL membenarkan kabar tersebut. dr Ahmad Rasyidi gugur pada Selasa (4/8/2020) dini hari WIB di Rumah Sakit (RS) Siloam.

"Gugur lagi dokter kita, dokter senior kita, dr Ahmad Rasyidi Siregar, yang merupakan anggota IDI cabang Medan," dr Wijaya.

Dijelaskan dr Wijaya, sebelum meninggal dunia akibat COVID-19, seniornya tersebut sempat dirawat selama kurang lebih dua minggu di RS Siloam. Namun, dr Ahmad akhirnya gugur akibat virus yang hingga kini belum ditemukan vaksinnya.

"Saat ini sudah 6 dokter di Medan yang gugur akibat COVID-19," jelasnya.

 

Saksikan juga video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

10 Dokter di Sumut Gugur

Diterangkan dr Wijaya, 6 dokter tersebut adalah dr Ucok Martin SpP, dr Irsan Nofi Hardi Nara Lubis SpS, dr Anna Mari Ulina Bukit, dr Aldreyn Asman Aboet SpAN, KIC, dr Andhika Kesuma Putra, SpP (K), dan dr Ahmad Rasyidi Siregar SpB.

Sementara di Sumut, dr Ahmad menjadi dokter ke-10 yang gugur akibat COVID-19. Selain itu, 4 dokter lainnya adalah dr Herwanto SpB dari IDI Kisaran, dr Maya Norismal Pasaribu dari IDI Labuhan Batu Utara, dr M Hatta Lubis, SpPD dari IDI Padang Sidempuan, dan dr H Muhammad Arifin Sinaga, MAP dari IDI Langkat.

"Kita sama-sama berdoa untuk mereka. Bagi tenaga kesehatan dan relawan medis lainnya yang sedang berjuang melawan COVID-19 tetap semangat," sebutnya.

3 dari 4 halaman

Garda Terdepan

Sebelumnya kabar duka menyelimuti dunia medis di Kota Medan, Sumut. Seorang dokter spesialis paru bernama dr Andhika Kesuma Putra Sp.P (K) gugur akibat terpapar COVID-19. Andhika meninggal dunia pada Sabtu, 1 Agustus 2020, setelah sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit (RS) Columbia Asia.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumut, dr Alwi Mujahit mengatakan, dr Andhika Kesuma Putra merupakan salah satu dokter yang menjadi garda terdepan dalam penanganan pasien COVID-19 di Sumut.

"Iya benar. Ada tiga dokter yang terlibat langsung penanganan COVID-19 meninggal dunia, salah satunya adalah dr Andhika Kesuma," kata Alwi, Senin, 3 Agustus 2020.

4 dari 4 halaman

Generasi Emas

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) cabang Medan, dr Wijaya Juwarna Sp-THT-KL mengatakan, dr Andhika termasuk generasi emas dokter spesialis paru di Sumut.

Andhika juga menangani pasien COVID-19 di RS Columbia Asia, sempat juga di RS GL Tobing bergabung dengan Gugus Tugas COVID-19.

"Adik saya itu, junior kita yang juga aktivis di kampus. Sudah konsultan di usia muda. Jadi hari-harinya memang merawat pasien COVID-19," sebutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.