Sukses

Pasien RSMH Palembang Bagikan Tips Agar Sembuh dari Covid-19

Dua orang pasien Corona Covid-19 dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang oleh pihak RSMH Palembang Sumatera Selatan (Sumsel).

Liputan6.com, Palembang - Rumah Sakit Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang Sumatera Selatan (Sumsel), menjadi salah satu rumah sakit rujukan untuk merawat pasien positif Corona Covid-19.

Dari 18 orang pasien positif Corona Covid-19, ada 2 orang pasien RSMH Palembang dinyatakan sembuh dan negatif Corona Covid-19.

Salah satu pasien berinisial NW (55) ini, dirawat di RSMH Palembang pada tanggal 23 Maret 2020 lalu, dengan indikasi suspect Corona Covid-19. Warga Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumsel ini, akhirnya dinyatakan positif Corona Covid-19.

Bersama beberapa pasien positif Covid-19, NW pun mendapatkan perawatan intensif di ruang isolasi RSMH Palembang. Namun pada tanggal 10 April 2020 lalu, NW dinyatakan negatif Corona Covid-19 dan diperbolehkan pulang.

Dalam konferensi pers di RSMH Palembang, NW mengucapkan rasa syukur karena sudah sembuh dari virus asal Kota Wuhan Tiongkok tersebut.

“Saya bersyukur diberi kekuatan untuk melawan Covid-19, pasien yang lain juga harus semangat dan yakin sembuh,” ujarnya, Sabtu (11/4/2020).

Pria paruh baya ini pun membagikan tips agar bisa cepat sembuh dari virus yang sudah menelan banyak korban di dunia ini.

Salah satu langkah yang dia lakukan yaitu, mengikuti semua aturan dari rumah sakit. Baik saat mengkonsumsi obat, waktu istirahat, saat pemeriksaan dan lainnya.

Dia pun tetap optimis dengan kesembuhannya, tidak mau merasa sedih yang akan menurunkan imun tubuhnya.

“Saya dari awal bertekat, saya harus sembuh dan sekarang saya bisa kembali ke keluarga saya. Apalagi anak saya lulus seleksi di perguruan tinggi, itu membuat saya tambah semangat untuk sembuh,” ujarnya.

NW juga menitipkan pesan bagi seluruh pasien Corona Covid-19, agar tetap mempunyai semangat untuk sembuh dan hidup sehat.

Karena langkah yang turut dilakukannya itu, membuatnya bisa terbebas dari Covid-19, meskipun dia mempunyai riwayat penyakit lama.

Da juga mengucapkan terima kasih kepada tenaga medis di RSMH Palembang, yang telah bekerja semaksimal mungkin merawat dirinya.

“Di Kabupaten OKI nanti, saya minta jangan dicurigai lagi. Karena banyak berita hoaks tentang saya,” katanya.

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Total Pasien Sembuh

Direktur RSMH Palembang Bambang Eko Sunaryanto menuturkan, setelah dinyatakan sembuh, pasien negatif Covid-19 harus menjalani isolasi mandiri di rumah selama 14 hari. Agar kondisi benar-benar pulih seperti sedia kala.

Sebelumnya, pasien Covid-19 pertama yang sembuh yaitu berasal dari Kota Palembang, yang diumumkan pada tanggal 4 April 2020 lalu.

"Dengan bertambah satu pasien sembuh, total ada dua pasien Covid-19 sembuh yang dirawat di RSMH Palembang,” ujarnya.

Dari 18 orang pasien Corona Covid-19 di Sumsel, kini ada 13 orang lagi yang sedang dirawat. Dimana, 2 orang sudah meninggal dunia, 2 orang dinyatakan negatif Corona Covid-19.

Lalu, ada 2 orang lainnya tidak dirawat di RSMH Palembang, karena merupakan orang tanpa gejala (OTG).

"Selain 16 orang positif Covid-19, dua orang positif lainnya diisolasi mandiri dengan pengawalan ketat Dinkes Sumsel," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.