Sukses

Heboh Penampakan Buaya Kali Comal Pemalang

Liputan6.com, Pemalang - Akhir-akhir ini, warga Pemalang, Jawa Tengah, khususnya yang berada di di bantaran Kali Comal dibikin heboh oleh munculnya isu penampakan buaya di sungai besar ini. Kabar itu meruap di berbagai linimassa, terutama Facebook.

Kali Comal merupakan sebuah sungai besar yang bermuara di pantai utara. Kali Comal, konon merupakan habitat buaya sejak masa silam. Terlebih, ekosistem muara Kali Comal adalah mangrove yang memungkinkannya menjadi habitat buaya.

Gambar yang beredar, nampak dua buaya berenang di perairan yang bening. Bening, diidentikkan dengan kemarau dan membuat warganet semakin yakin bahwa buaya tersebut benar-benar nyata.

Salah satunya diunggah di grup Pekalongan Info. Admin Pekalongan Info mengunggah peringatan agar warga Mojo, Kecamatan Comal, Pemalang berhati-hati lantaran ada informasi kemunculan buaya di kawasan ini.

Ia juga mengunggah sejumlah foto. Dua di antaranya adalah foto polisi, TNI, dan sejumlah pria berbaju batik dan dinas yang nampak sedang mengamati Sungai Comal.

Himbauan untuk warga Mojo, Comal, Pemalang dan sekitarnya. yang sering melakukan aktivitas di sungai, mohon agar berhati-hati karena di sungai comal tepatnya desa Kauman baru-baru ini ada warga yang melihat buaya di daerah tersebut,” tulisnya, dikutip Liputan6.com, Jumat malam, 6 Jumat 2019.

Rupanya, unggahan penampakan buaya ini cukup menarik perhatian warganet. Sejak pertama kali diunggah pada 3 September 2019, unggahan ini telah dibagikan sebanyak 100 kali dan mendapat tanggapan sebanyak 986 kali.

Unggahan soal Buaya kali Comal ini juga memancing banjir komentar. Namanya warganet, bebas saja menuliskan apa saja. Ada yang mengaku khawatir dan resah, namun banyak pula yang menanggapinya dengan jenaka.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Respons Pemerintah Perihal Isu Penampakan Buaya

Bahkan ada pula yang mengusulkan agar Panji, yang kondang dengan aksi petualangannya di televisi, diundang untuk menangkap buaya ini. Warganet lainnya menanggapi agar digelar sayembara penangkapan buaya.

Ngadake sayembara ra mint men gagiyak ketangkep. ojo mung peringatan tok.nek wes berkembang biak selod ngelu, ‘(Selenggarakan sayembara tidak Min, biar cepat tertangkap. Jangan Cuma peringatan saja. Kalau sudah berkembangbiak semakin merepotkan)’,” tulis akun Bhara Mahessa.

Meski belum jelas kebenarannya, Pemerintah Kecamatan Comal pun turun tangan. Seperti video yang diunggah oleh beberapa pengguna Facebook, pria yang disebut sebagai Camat Comal mengimbau agar warga berhati-hati.

Ia juga meminta agar Forum Komunikasi Pemerintah Kecamatan Comal dan pemerintah desa di aliran sekitar aliran Sungai Comal memasang papan peringatan keberadaan buaya.

Ia juga sempat menyebut bahwa ada tiga ekor buaya yang dilaporkan. Dua ekor buaya dewasa dengan ukuran kisaran empat meter, serta seekor buaya kecil, diduga anakan.

“Jangan sampai jatuh korban,” ucapnya, dalam video tersebut.

Menanggapi kabar kemunculan buaya di Kali Comal ini, Kepala pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemalang, Wismo belum bisa memastikan keberadaan buaya ini.

Namun begitu, ia manyatakan bakal berkorrdinasi dengan muspika dan PSDA kali Comal untuk memastikan keberadaan buaya. Lantas, jika memang benar-benar ada buaya, pemerintah akan memperingatkan masyarakat warga disekitar Kali Comal untuk waspada.

“Dan segera lapor bila melihat lagi penampakan buaya. Jangan terpengaruh berita hoaks,” ucap Wismo, lewat pesan singkatnya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Cerita Kakek Perkasa dari Kendari, Tampar Kerbau hingga Mati dan Bergelut dengan Buaya
Artikel Selanjutnya
Buaya Muara Berjemur Santai di Padang Rumput, Warga Jadi Takut