Sukses

Pernah ke Jalan Buah Batu Bandung? Ini Cerita di Balik Namanya

Liputan6.com, Bandung - Orang Bandung pasti sudah familiar dengan Jalan Buah Batu. Jalan yang terletak di daerah Bandung Selatan ini sekarang semakin ramai dengan pertokoan. Namun, pernahkah kita terpikir akan cerita di balik nama jalan ini?

Berdasarkan informasi yang dihimpun Liputan6.com, asal nama ini berawal dari sejarah terbentuknya kota Bandung. Kawasan Bandung dan sekitarnya bisa diumpamakan seperti bentuk mangkuk.

Ribuan tahun lalu, sebelum Kota Bandung seperti sekarang, kota ini merupakan danau raksasa. Danau ini disebut Danau Bandung Purba. Ternyata surutnya danau tersebut menjadi sejarah penamaan Jalan Buah Batu.

Setelah danau tersebut surut, terlihat sisa-sisa dasar danau berbentuk cekungan-cekungan kecil yang masih tampak tergenang air. Dari beberapa cekungan tersebut, terdapat sebuah telaga yang penuh dengan bebatuan. Walaupun begitu di telaga itu juga tumbuh pohon mangga di sekitarnya.

Melihat kondisi itu, warga yang tinggal di sekitar kawasan tersebut memiliki ide untuk membuat nama. Dengan spontan, tercetuslah nama "Buah Batu". Kata Buah diambil dari pohon mangga yang ada di kawasan itu. Dalam bahasa Sunda, buah berarti mangga. Sedangkan kata "Batu" diambil karena telaganya yang penuh dengan batu.

Nama "Buah Batu" akhirnya dipakai hingga saat ini. Warga Bandung kadang menyebutnya juga dengan singkatan "Bubat".

Kini Jalan Buah Batu menjadi kawasan bisnis yang maju. Terbukti dengan banyaknya pusat perbelanjaan, toko, dan sekolah, di kawasan ini. Jalan ini adalah penghubung kawasan kota dengan daerah Bandung Selatan. Belakangan ini nama Jalan Buah Batu semakin terkenal karena disebut-sebut dalam Film Dilan 1990 dan Dilan 1991, karya Pidi Baiq.

(Kezia Priscilla, mahasiswi UMN)

Loading
Artikel Selanjutnya
Unik, 3 Pemain Asing Baru Persib Perkenalkan Diri Gunakan Bahasa Sunda
Artikel Selanjutnya
Pendingin Udara Hotel Savoy Homann Bandung Terbakar, Karyawan Panik