Sukses

Jadi Ibu Kota atau Tidak, Cirebon Tetap Kejar Jabar Juara

Kawasan Pantura Jawa Barat menjadi salah satu daerah tujuan wisata unggulan pemerintah provinsi sehingga berbagai upaya peningkatan pelayanan dilakukan

Liputan6.com, Cirebon - Wacana pemindahan ibu kota baru pemerintahan negara Indonesia kembali bergulir. Sejumlah daerah mulai menyampaikan gagasan kesiapan termasuk Kota Cirebon.

Pemda Kota Cirebon menyatakan siap apabila dipilih menjadi ibu kota negara baru pemerintahan. Kesiapan tersebut didukung dengan perkembangan infrastruktur yang dianggap memadai.

"Tinggal nanti kita siapkan konsepnya kemudian koordinasi dengan daerah lain karena kan tidak mudah. Kalau Kota Cirebon siap daerah lain tidak siap ya jangan dipaksakan," kata Wakil Walikota Cirebon Eti Herawati, Rabu (1/5/2019).

Eti mengaku, kesiapan tersebut lantaran wilayah Timur Jawa Barat memiliki banyak potensi. Eti mengatakan, Cirebon memiliki sejarah panjang dalam perkembangan peradaban negara.

Dia menyebutkan, sejumlah pejabat pemerintah pusat selalu mampir ke Cirebon yang kaya akan budaya dan sejarah. Sementara itu, kawasan Pantura Jawa Barat tersebut masuk dalam kategori Metropolitan Cirebon Raya.

"Bandara sudah beroperasi BIJB Pelabuhan di Kota Cirebon ada kereta juga ada jalan raya hingga tol ada semua infrastruktur sudah ada. Tinggal kesiapan yang lain untuk kantor kementerian misalnya," kata Eti.

Eti menyampaikan, Cirebon merupakan salah satu daerah yang menjunjung tinggi toleransi. Oleh karena itu, kecil kemungkinan adanya gesekan karena politik identitas.

Eti mengaku sempat kaget saat ditanya kesiapan Kota Cirebon ketika dipilih menjadi ibu kota negara. Namun, dia menyadari berpengaruh terhadap tingkat kunjungan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bangun Sinergi

"Lahan sudah ada dan siap semua tinggal kita koordinasi dengan yang lain apakah daerah lain siap," ujar ibu yang akrab disapa Eeng Charlie itu.

Pada kesempatan yang sama, Eti mengimbau kepada pengusaha makanan dan jasa di Cirebon agar bersama membangun daerah. Sinergi dengan pemerintah agar Cirebon menjadi tujuan wisata.

Eti mengaku, peran serta pengusaha jasa dan tempat makan di Cirebon dalam melayani akan berdampak pada tempat usaha itu sendiri. Oleh karena itu, dia meminta para pengusaha menjaga iklum kerja yang kondusif.

"Jaga pekerjanya berikan hak mereka hingga Cirebon menjadi bagian dari target Jabar Juara. Karena nanti kembalinya ke teman-teman pengusaha semua hotel tempat makan dan pemerintah dapat PAD kan sinergis," ujar Eti.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.